KEPEMIMPINAN STRATEGIS DI ERA BARU

 

Pelitanusantara.com

PENDAHULUAN
Dalam perubahan suatu bangsa, kota, perusahaan atau institusi diperlukan suatu kepemimpinan strategi yang memiliki visi, misi, strategi dan nilai-nilai hidup. Sebagai contoh kepemimpinan strategis suatau bangsa bisa dilihat pada kepemimpinan Nelson Mandela sebagai salah satu tokoh politik anti-apartheid yang terkenal dari  dari Afrika Selatan. Hal tersebut diungkapkan juga dalam sebuah wawancara CNN Indonesia dengan Bapak Handoyo pendiri dan pemilik PT Tempo TBK dalam program Leadaer Corner. Lebih jauh dalam mengubah arah suatu institusi atau suatu bangsa, diperlukan   lebih dari satu pemimpin strategis di level atas. Bahkan diperlukan lebih dari satu generasi untuk dapat menggerakkan mayoritas populasi dari kemiskinan menuju ke masyarakat sejahtera.   Untuk mentransformasi suatu bangsa atau suatu perusahaan, pemimpin strategi hadir menerima tanggungjawab untuk melakukan transformasi. Pememipin strategis ini diperlukan di level atas, dan juga di level-level bawahnya.

PEMBAHASAN
Defenisi Kepemimpinan Strategis
Kepemimpinan strategis (Strategic Leadership) didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengantisipasi, membayangkan, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategik, dan bekerja dengan orang lain untuk melakukan perubahan yang akan menciptakan masa depan yang layak bagi organisasi (Irlandia & Hitt, 1999: 43). ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan tersebut. Struktur dirancang dengan prinsip-prinsip dan komponen dari kepemimpinan strategik yang efektif dan implementasinya secara nyata. Hal ini akan memberikan mahasiswa pemahaman yang lengkap dari tugas-tugas utama dari seorang pemimpin strategik.

Dengan membahas berbagai pendekatan kepemimpinan, diharapkan ini dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan strategik . Untuk menjadi seorang pemimpin yang strategik dan efektif dibutuhkan pengamatan dan tindakan yang baik. Juga yang sangat penting mengenai implementasi kepemimpinan strategic bagi umat Tuhan dimasa ini. Kekristenan saat ini sedang mengalami ujian yang sangat berat dalam berbagai bidang kehidupan untuk menggenapi peranannya yaitu menjadi terang di tengah kegelapan yang sangat pekat. Di Alkitab membuktikan diituasi seperti itu selalu dibangkitkan para pemimpin strategis seperti Nuh, Abraham, Ishak,Yusuf, Gideon, Petrus,Paulus, Marthin Luther dan lain lain. Mereke menjadi terang dan mengusir kegelapan.

Pemimpin Strategis Menurut Para Pakar
Kepemimpinan Menurut W. Glenn Rowe. Strategic leader adalah seseorang yang dapat mengartikulasi visi jangka panjang dan dapat terus melakukan kegiatan operasional sehari-hari dengan detil. Sedangkan, definisi strategic leadership menurut businessdictionary.com adalah sebuah proses yang menggunakan taktik yang sudah dipikirkan dengan baik untuk mengkomunikasikan sebuah visi bagi sebuah organisasi atau salah satu dari bagiannya organisasi tersebut. Dari kedua definisi diatas, maka saya berpendapat bahwa strategic leadership merupakan suatu perilaku dari seorang pemimpin yang memiliki skill untuk mengkomunikasikan visi dari perusahaan kepada setiap karyawan dalam perusahaan itu dan senantiasa memberikan insight bagi karyawan agar tetap berjalan dalam garis visi tersebut.  Menjadi sesorang yang memiliki strategic leadership haruslah memiliki beberapa kemampuan yang handal dalam dari pemimpin biasa. Menurut Kate Beatty (2010) dalam website forbes.com, ada 3 strength yang harus dimiliki oleh setiap strategic leader yaitu,

  1. Strategic Thinking, dimana dibutuhkannya sebuah pengetahuan yang kompleks akan suatu organisasi dengan lingkungannya. Hal ini dibutuhkan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam lingkungan bisnis perusahaan.
  2. Strategic Acting, merupakan pelaksana dari rencana yang sudah dibuat oleh perusahaan, seorang pemimpin strategis harus dapat membuat keputusan yang tepat disaat yang tidak tepat sekalipun tanpa mengorbankan visi perusahaan.
  3. Strategic Influencing, adalah tentang membuat komitmen dalam suatu organisasi sehubungan dengan arah dari strategi perusahaan dengan cara mengikutsertakan orang-orang di dalam dan diluar organisasi seiring dengan proses strategis yang dilakukan perusahaan tersebut.

PENUTUP
Dalam situasi yang sedang mengalami perubahan yang kompleks, multi dimensi dan global yang mempengaruhi berbagai segi kehidupan , begitu pentingnya pemimpin strategik bagi perkembangan kerajaan Allah. Semua permasalahan yang ada adalah Tuhan ijinkan agar terjadi penggenapan firman Tuhan ketika walaupun tidak sesuai dengan apa yg kelihatan.. sesuai dengan Firman Tuhan. Kristus itu harus tinggal di Sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabinNya yang kudus di zaman dahulu. Awalnya Tuhan menciptakan dunia ini. Tuhan sedang mengembalikan tujuan, fungsi dan rencaNya atas dunia Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.. Amos 3:7. Dalam berbagai kejadian di bumi tidak ada yang kebetulan. Tapi Tuhan terlebih dahulu berbicara kepada hamba2 Nya.
Dalam perjanjian baru di jelaskan dijelaskan ke[emimpin strategik dengan 5 jawatan pelayanan sesuai dengan Efeusu 4:11-14. Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Ditulis Oleh: Obden Sumero Odoh S.Th., M.Pd.K (Kaprodi S.PAK STT LETS Bekasi)

DAFTAR PUSTAKA
Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia, 2017, Jakarta
Renaild kasali (2007) ,CHANGE , PT.GRAMEDIA PUSAKA UTAMA
BAMBANG BUDIJANTO.(2021). , KUNCI PERTUMBUHAN GEREJA DI INDONESIA. YAYASAN BRC
W. Glenn Rowe. (2009). ‚ÄúStrategic Leadership: Short-Term Stability and Long-term Viability‚ÄĚ. Ivey Business
http://www.businessdictionary.com/definition/strategic-leadership.html
Kate Beatty (2010). ‚ÄúThe Three Strengths of a True Strategic Leader‚ÄĚ.¬†Forbes
Paul J. H. Schoemaker (2013). ‚ÄúStrategic Leadership: The Essential Skills‚ÄĚ.¬†Harvard Business ScHOOL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *