Kapolda DIY , Hadiri Kegiatan Penanaman Mangrove Nasional Di Kulonprogo.

yupiterjogja
Img 20230515 Wa0100
Spread the love

YOGYAKARTA-PN NEWS, Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menghadiri Kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional, Secara Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia Oleh Presiden RI, bertempat di Pantai Pasir Kadilangu, Jangkaran Temon Kulonprogo, Senin (15/05/2023).

Kegiatan ini digelar oleh Korem 072/ Pamungkas yang bertajuk Mangrove For Better Life dengan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan penanaman Mangrove oleh Presiden RI secara live Zoom Meeting, dan diikuti penanaman secara serentak di seluruh Indonesia.

Kapolda DIY saat dikonfirmasi mengatakan, Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tanaman mangrove memiliki berbagai manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan, hutan mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus ombak dan pasang surut.

Sistem akar mangrove yang rumit juga membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator.

Kapolda DIY menuturkan, Topografi Yogyakarta khususnya Kulonprogo yang sebagian berbatasan langsung dengan garis pantai yang cukup panjang, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Penanaman mangrove menjadi salah satu hal yang cukup signifikan, untuk menjaga supaya terhindar dari bahaya rob, pasang surut air laut yang berakibat pada erosi dan hal lainnya, pungkasnya.(Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!