Kapolda Banten Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan dan Bimbingan Teknis Dalam Rangka Menghadapi Pemilu 2024

Img 20230525 Wa0312
Spread the love

Serang – PN News || Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto menghadiri sekaligus membuka kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan dan bimbingan teknis personel Polda Banten dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Le Dian Hotel pada Kamis (25/05).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif, Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono, Pejabat Utama Polda Banten, para Kapolres dan Kapolresta jajaran Polda Banten, perwakilan BIN Provinsi Banten, perwakilan KPU Provinsi Banten, perwakilan Bawaslu Provinsi Banten, perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Banten serta seluruh peserta pelatihan.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Banten mengatakan bahwa Pemilu merupakan salah satu pilar utama dari proses akumulasi kehendak masyarakat yang sekaligus proses demokrasi untuk memilih pemimpin. “Saat ini proses Pemilu sudah sampai pada pendaftaran calon anggota DPR RI, DPD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota di KPU. Kedepannya, setiap tahapan yang akan dilaksanakan akan memiliki dinamika tingkat kerawanan yang tinggi, hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah penduduk pemilih di daerah hukum Banten yang cukup padat,” ucap Rudy.

Selanjutanya, Kapolda Banten menyampaikan beberapa kerawanan yang perlu diantisipasi selama tahapan Pemilu yang akan datang. “Beberapa kerawanan yang perlu diantisipasi selama tahapan Pemilu yaitu protes dari masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih, penyebaran informasi palsu atau hoaks yang dapat mempengaruhi proses pemilihan, potensi konflik dan gangguan kemanan di sekitar TPS, unjuk rasa dari massa Parpol Pemilu atas dugaan kesalahan data dalam DPS/DPT dan tingginya gejolak politik terkait perebutan masa pendukung atas dampak koalisi partai yang sedang hangat diperbincangan di tingkat pusat,” jelas Rudy.

Selain itu, Rudy mengatakan kegiatan ini merupakan inovasi yang baik yang dibuat Polda Banten dan kegiatan ini juga sebagai bentuk komitmen keseriusannya dalam rangka menjaga stabilitas Kamtibmas di daerah hukum Polda Banten. “Kepada seluruh personel, saya harapkan mulai saat ini dan sampai berlangsungnya Ops Mantap Brata nanti dapat menciptakan cooling system guna pemeliharaan Kamtibmas khususnya setiap tahapan Pemilu hingga pada saat pencoblosan. Pastikan Pemilu berjalan aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat dalam memberikan suaranya ke TPS,” ujar Rudy.

Terakhir, Rudy berharap setelah menerima pelatihan ini seluruh personel dapat melaksanakan kegiatan preemtif baik itu penyelidikan, penggalangan dana pengamanan terhadap seluruh elemen terkait untuk menciptakan suasana yang kondisif selama pesta demokrasi berlangsung. “Semoga dengan acara pelatihan ini selain sebagai wadah peningkatan kemampuan, juga menjadi momen refleksi dan evaluasi terhadap apa yang telah kita lalui pada episode Pemilu sebelumnya. Identifikasi segala kekurangan dan terus berupaya untuk melakukan perbaikan guna terciptanya tujuan kita bersama dalam menjamin Pemilu aman di daerah hukum Polda Banten,” tutup Rudy. (Bidhumas).

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!