Kapenrem 072/Pamungkas Hadiri Acara Kick-Off Penyusunan Masterplan Jogja Samart Province.

yupiterjogja
Img 20230712 Wa0042
Spread the love

YOGYAKARTA-PN NEWS, Kapenrem 072/ Pamungkas Mayor Czi Agus Sriyanta mewakili Danrem 072/Pamungkas menghadiri acara Kick-Off Penyusunan Masterplan Jogja Smart Province 2.0, Kementerian Kominfo RI bertempat di Kasultanan 2, Royal Ambarukmo, Depok, Sleman. Rabu (12/7/2023)

Sambutan Menteri Komunikasi da Informasi RI ,dibacakan oleh Samuel A. Pangarepan Dirjend Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI melalui Daring, bahwa program ini sudah berjalan di daerah-daerah selama 6 tahun dan Kominfo RI telah memberi pendampingan di 191 Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia, sedangkan untuk wilayah Yogyakarta sudah mencapai 100% artinya Yogyakarta sudah layak memulai Pembangunan Smart Province.

Adapun Kick-Off Penyusunan Masterplan Jogja Smart Province 2.0 Provinsi DIY dengan tema “Harmonisasi Manusia dan Teknologi” dipimpin oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sedangkan Jogja Smart Province (JSP) sendiri merupakan kolaborasi kewilayahan berbasis teknologi untuk mendukung penyelesaian isu strategis dan pengembangan potensi di DIY.

Sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. menyampaikan bahwa Pembangunan Sarana dan Prasarana Jogja Smart Province telah menjadi salah satu Program Prioritas Pembangunan DIY sejak tahun 2017, sebagaimana diatur dalam Keputusan Gubernur DIY Nomor 163/KEP/2017 dan Nomor 353/KEP/2021. Program prioritas tersebut kemudian salah satunya ditindaklanjuti, dengan menetapkan Peraturan Gubernur Nomor 46 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Daerah Jogja Smart Province 2019-2023.

Menindak lanjuti program tersebut, disusun berlandaskan tiga nilai-nilai kearifan local yaitu Sangkan Paraning Dumadi, Hamemayu Hayuning Bawana, dan Manunggaling Kawula Lan Gusti. Sedangkan yang menjadi ruang lingkupnya adalah Pemerintahan Cerdas, Kebudayaan Cerdas, Lingkungan Cerdas, Kehidupan Cerdas dan Masyarakat Cerdas.

Terpilihnya DIY sebagai pilot project nasional implementasi Smart Province menjadi tantangan tersendiri, bagaimana berkolaborasi dan integrasi yang sudah dirintis pada fase 1 Jogja Smart Province terus dilanjutkan dengan melakukan harmonisasi antara teknologi dengan masyarakat DIY melalui dukungan semua pihak.tutur Gubernur DIY.

Acara diakhiri dengan penyerahan SK Gugus Tugas Smart Province kepada Bupati se-DIY, Walikota Yogyakarta, Telkom dan PLN yang diserahkan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dilanjutkan dengan materi Bimtek perwakilan anggota gugus tugas Smart Province se-Kab/Kota Provinsi DIY.

Kapenrem 072/Pamungkas Mayor Czi Agus Sriyanta menyampaikan Komandan Korem 072/Pamungkas yang ditunjuk selaku Dewan Smart Province Daerah Istimewa Yogyakatya siap untuk mendukung suksesnya program Jogja Smart Province (JSP) di Kabupaten dan Kota wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakatya, semoga dengan adanya Jogja Smart Province (JSP) ini sinergitas TNI, Polri dan Pemda semakin solid untuk menciptakan Yogya lebih modern berbasis digital, aman dan nyaman.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, Ketua DPRD DIY Nuryadi, Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya, Wakajati DIY Amiek Mulandari, Kabappeda DIY Danang.S, Kadiskominfo DIY, Bupati se-Diy, Walikota Yogyakarta dan Kepala Telkom DIY.

(Penrem072/PMK-Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!