Kelurahan Condongcatur Bersama PMI Sleman, Gelar Aksi Donor Darah.

IMG-20230526-WA0069
Spread the love

SLEMAN-PN NEWS, Pemerintah Kalurahan Condongcatur bekerjasama dengan PMI Sleman gelar kegiatan Donor Darah , Jumat , (26/5/2023) dimulai pukul 08.30- 11.00 Wib, bertempat di Ruang Wacana Loka Kantor Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok.

Plt. Ketua PMI Kapanewon Depok, Sussi Listyaningsih, SE, mengatakan,dalam rangka mendukung kebutuhan darah PMI Sleman untuk program pelayanan LADAMANIS (Layanan Darah Di Kabupaten Sleman Gratis), maka PMI Sleman melaksanakan kegiatan Donor Darah di Kalurahan Condongcatur.

Para Calon Pendonor Darah sebelumnya mengisi form data diri dan wawancara untuk memeriksa kesehatan dasar, seperti riwayat penyakit apa yang diderita dan daftar obat obatan yang diminum jika calon pendonor minum obat pengencer darah atau antibiotik tidak direkomendasikan selanjutnya Petugas PMI Sleman melakukan pengecekan darah / Hemoglobin (Hb) sebagai syarat utama donor darah, pada tahap ini ada beberapa calon pendonor yang tidak lolos setelah dicek darahnya, karena HBnya terlalu rendah dan terlalu tinggi, juga pemeriksaan lain suhu tubuh normal, nadi baik dan tensi normal.

Syarat umum bagi pendonor darah adalah : berusia 17 – 60 tahun, sedangkan usia dibawah 17 tahun tetap boleh menjadi pendonor darah apabila mendapat izin tertulis dari orangtua. Donor pertama max usia 50 tahun, denga berat badan minimal 50 Kg.

Saat akan mendonorkan darah, suhu tubuh berkisar 36,6 – 37,5 derajat Celcius. Tekanan darah normal yakni tekanan darah sistolik 110 – 150 mmHg dan tekanan darah diastolik 70 – 90 mmHg. Denyut nadi teratur, yakni sekitar 50 – 100 kali/menit. Hemoglobin minimal 12,5 gram/dL.Tidak sedang mengkonsumsi obat selama 3-7 hari (kecuali vitamin).Tidak sedang menstruasi, dibolehkan donor jika 7 hari sesudah menstruasi dan 7 hari sebelum menstruasi.

Persiapan lainnya tidur minimal 5 jam,
perbanyak minum air mineral dan Kurangi minum kopi dan Rokok.

Jika minum obat tensi max 5 m rutin, diusahakan, meminum malam sebelum donor (jangan di pagi sebelum donor), peserta yang hadir 33 orang, dan yang terambil 19 pack, rata rata alasan tidak dapat terambil darahnya sebagai pendonor terbanyak karena HB diatas 17, dan di alami calon pendonor kebanyakan dari calon pendonor Laki laki, hampir semua dari 11 calon pendonor perempuan berhasil di ambil darahnya, hanya 1 yang gagal karena baru selesai haid, tambah Sussi.

Tri Joko Saptono selaku Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Sleman yang hadir memonitoring kegiatan donor darah ini mengapresiasi inisiatif dari pemerintah Kalurahan Untuk menyelenggarakan donor darah, “Ini merupakan wujud kepedulian dari Pemerintah Kalurahan kepada pamong dan masyarakat yang memiliki keinginan untuk berperan lebih riil di bidang kemanusiaan melalui sedekah darah”.tuturnya.

Atas nama PMI Kabupaten Sleman mengucapkan terima kasih Kepada Pemerintah Kalurahan Condongcatur yang telah memfasilitasi masyarakat Condongcatur yang berkeinginan Mendonorkan darahnya, dengan kegiatan ini maka masyarakat bisa lebih dekat mendapatkan pelayanan donor darah, Donor darah dapat dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, semoga pendonor kedepan dapat semakin bertambah sehingga ,donor darah menjadi tren gaya hidup masyarakat.

Harapanya penyelenggaraan donor darah di Kalurahan ini dapat dilaksanakan secara rutin, sedangkan untuk mendapatkan jumlah yang signifikan, dapat disosialisasikan ke padukuhan padukuhan dan lembaga kalurahan bila mungkin instansi dan sekolah yang ada di wilayah Condongcatur seperti Guru dsb.

Sementara Kamituwa Condongcatur, Al Thouvik Sofisalam, A.Md selaku penanggungjawab bidang kegiatan mengucapkan terimakasih kepada para pendonor darah yang telah tulus ikhlas dalam berbagi untuk menolong sesama. Semangat seperti ini harus disebarluaskan, semoga semakin banyak masyarakat yang ikut donor darah.

Rencananya donor darah ini akan dilaksanakan secara rutin setiap 3 bulan sekali, dan berikutnya akan dilaksanakan pada bulan agustus 2023, yad.

Beberapa manfaat Donor Darah adalah, membantu menyelamatkan nyawa orang lain, menjaga kesehatan jantung & membuat darah mengalir lebih lancar, meningkatkan produksi sel darah merah, memperpanjang usia, dapat mengetahui kondisi kesehatan kita, dan manfaat kesehatan lainya.(Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!