Janji Ipuk kepada Warga RogoJampi akan Membawa UMKM Banyuwangi Naik Kelas

Banyuwangi – Pelitanusantara.com | Sesuatu yang tidak biasa di pasar Rogojampi hari ini ( Selasa /06/10/2020) terlihat Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas bersama dengan tim mendatangi pasar Rogojampi,  Ipuk mengawali kegiatan dengan silaturahim bersama pedagang dan pembeli, serta sarapan pagi, dengan berbelanja sayur di Pasar Rogojampi juga berbincang – bincang dengan para pedagang dan pembeli di pasar, Selasa (6/10/2020).

Dalam pertemuan dengan warga Rogojampi, Ipuk menyampaikan program kerjanya akan membawa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)  yang ada di Banyuwangi untuk naik kelas.

Dalam konsep UMKM naik kelas ala Ipuk-Sugirah, setiap UMKM bakal mendapatkan berbagai fasilitas. Mulai dari pelatihan manajemen bisnis, akses modal bersubsidi, alat bantu produksi, sertifikasi (PIRT, Halal, BPOM, dan sebagainya sesuai kebutuhan/bidang bisnis UMKM), pelatihan manajemen keuangan, pelatihan pemasaran online, branding (termasuk kemasan), fasilitasi pemasaran (business matching, dukungan marketplace nasional, dan lainnya), dan sebagainya.

Ipuk menjelaskan ”Misalnya soal akses modal bersubsidi, bakal dibangun kemitraan pemerintah daerah dengan berbagai lembaga untuk bisa memberikan permodalan yang mudah dan murah, di mana pemerintah daerah ikut mendampingi agar UMKM tak lagi kesulitan mengakses modal,” 

Oleh karena itu mulai dari langkah-langkah tersebut, sambung Ipuk, UMKM Banyuwangi bisa naik kelas. ”Apa itu naik kelas? Kami sudah susun indikatornya,” ujarnya

Indikator UMKM naik kelas, mulai dari penguasaan sistem digital yang baik dengan pemasaran online, tersertifikasi sesuai bidang bisnisnya, Go National dengan mengirim barang ke luar daerah, literasi keuangan yang baik dengan penerapan manajemen keuangan sederhana. Juga bisa meningkatkan variasi produknya. Misalnya, dari produk segar sudah bisa menyajikan frozen food siap saji dengan teknologi tertentu.”Dan tentu indikator utamanya UMKM harus naikan omzetnya, bisnisnya bisa semakin membesar, dan otomatis dengan sendirinya ikut menambah lapangan kerja baru bagi masyarakat. Artinya, ini memulihkan ekonomi, sekaligus memperkuat UMKM, dan  membuka lapangan kerja bagi warga. Kami targetkan bisa membawa 10.000 UMKM naik kelas di tahun pertama kepemimpinan kami jika dipercaya oleh masyarakat Banyuwangi,” pungkas Ipuk

Menurut Sekretaris DPD Perindo Eko Bandriono,SH  kepada Pelitanusantara.com yang ikut Mendampingi Ipuk dalam grebek pasar di Rogojampi, ” bahwa UMKM adalah para pelaku usaha yang sangat tangguh, dalam kondisi apapun mampu bisa beradaptasi dengan situasi apapun, contohnya dalam kondisi yang memprihatinkan ini dengan wabah Covid 19 melanda bukan saja di Indonesia tapi juga Dunia, dimana Sektor – sektor Ekonomi terimbas secara luar biasa, akan tetapi UMKM masih menggeliat oleh karena itu jika IPUK – SUGIRAH  mendapatkan Kepercayaan Masyarakat Banyuwangi, memenangkan kontestasi dalam pilkada ini yang menjadi PR adalah bagaimana merecovery kondisi akibat Covid 19 salah satuhnya adalah menjadikan UMKM tangguh dan Berdaulat serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi Banyuwangi dan kami percaya target dan Program yang akan di lakukan oleh beliau bisa berjalan secara baik dan berkesinambungan” kata Eko (PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *