Gowes Bareng Tingkatkan Kebugaran dan Promosi Wisata Kampung

Yogyakarta – Pelitanitanusantara.com | Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengawali kegiatan di hari Jumat (27/11) dengan bersepeda bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Yogya. Gowes bareng kali ini menempuh tiga rute perjalanan. Trip pertama berangkat dari Rumah Dinas Wawali di Jalan Suroto Kotabaru menuju RW 06 Bumijo. Selanjutnya trip kedua dari RW 06 Bumijo menuju Kelompok Tani Dewasa (KTD) Ayem Tentrem Keparakan Lor dilanjutkan trip ketiga dari KTD Ayem Tentrem ke Suro Amerta Surokarsan.

Di Bumijo, rombongan gowes disambut warga sekitar dengan sangat antusias dan singgah di RW 06 Bumijo. Wawali berkesempatan menikmati sarapan pagi bubur ayam bersama rombongan. Selepas sarapan, Wawali memberikan arahan kepada rombongan dan juga kepada warga Bumijo.

Wawali menuturkan, bahwa kegiatan gowes bareng ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta setiap hari Jumat. Tujuan dari gowes bareng ini selain untuk menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi Covid-19, juga sebagai upaya Pemkot Yogya memperkenalkan kampung kepada khalayak luas. Selain itu, juga sebagai upaya Pemkot untuk menggali dan mempromosikan potensi wisata yang ada di kampung-kampung.

‘’Gowes bareng ini selain untuk menjaga kebugaran di masa pandemi juga bertujuan untuk menggali dan mempromosikan postensi wisata yang ada di kampung-kampung. Di mana potensi-potensi itu diharapkan bisa berkembang dengan baik, dan bisa menjadi penopang perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Wawali juga mengingatkan kepada masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan senantiasa menjaga protokol kesehatan, mengingat sejak beberapa hari terakhir ini, kasus Covid-19 di Kota Yogya cukup tinggi.

“Pada kesempatan ini juga saya menghimbau kepada Bapak Ibu sekalian untuk beradabtasi dengan kebiasaan baru, menerapkan protokol kesehatan, baik ketika di dalam maupun di luar rumah, di tempat kerja, dan sebagainya wajib mematuhi protokol kesehatan. Apalagi kasus Covid-19 di Kota Yogya akhir-akhir ini meningkat, maka salah satu kunci pencegahannya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Heroe Poerwadi.

Pada kesempatan ini pula, Wawali Heroe Poerwadi memberikan bantuan langsung tunai yang diterima langsung oleh Ketua RW 06 Bumijo. Wawali juga turut menyantelkan bahan makanan dari program Cantelan Jumat Berkah warga RW 06 Bumijo dan melihat langsung hasil kerajinan batik tulis karya warga RW 06 Bumijo.

Bertolak dari RW 06 Bumijo, rombongan gowes  menuju KTD Ayem Tentrem. Setibanya di lokasi Wawali rehat sejenak sembari menikmati hasil pertanian dan budidaya ikan yang dikelola oleh KTD Ayem Tentrem. Dalam kesempatan itu, juga diberikan bantual langsung tunai untuk pengembangan kawasan KTD Ayem Tentrem.

Ketua KTD Ayem Tentrem, Sariono menuturkan lahan yang ditanami jagung, gambas dan terong awalnya adalah lahan tidur yang kemudian dimanfaatkan oleh warga. Selain itu, warga juga membuat kolam.

“Saat ini baru ada tiga kolam, namun yang sudah dijadikan tempat budidaya baru dua, yaitu satu di kolam tanah, dan satu lagi di kolam terpal. Untuk yang di kolam terpal kami membudidayakan ikan jenis mutiara, dan sejauh ini hasil budidayanya cukup baik, baik dari sayurannya maupun dari budidaya ikannya,” kata Sariono.

Perjalanan selanjutnya diteruskan menuju Suro Amerta. Di sini Wawali berkesempatan melihat secara langsung kawasan yang sedang dikembangkan oleh warga Surokarsan, Kelurahan Wirogunan, di antaranya ialah wisata mural dan selokan yang akan dijadikan sebagai tempat budidaya ikan. Selain itu, potensi-potensi wisata yang sedang dikembangkan oleh masyarakat sekitar khususnya warga RW 07 Surokarsan ialah budidaya ikan cupang dan kebun alpukat.

Berkaitan dengan hal itu, Wawali Heroe Poerwadi memberikan arahan agar dalam pengembangan kawasan wisata di Surokarsan ini diintegrasikan dengan kawasan-kawasan lainnya, seperti dengan Wirogunan dan Bintaran.

“Ini kalau diintegrasikan akan menjadi kekuatan, jika sendiri-sendiri maka susah untuk berkembang. Seperti halnya Bendung Lepen, bisa populer karena ia terintegrasi dengan banyak potensi,” kata Wawali.

Selain meninjau lokasi-lokasi yang sedang di kembangkan warga RW 07 Surokarsan, Wawali Heroe Poerwadi juga memberikan bantuan langsung tunai. Dan secara bersamaan Wawali juga menerima proposal serta masterplan perencanaan pengembangan kawasan RW 07 Surokarsan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *