Gerakan Kedaulatan Ekonomi melalui Pengelolaan Sampah

Kabupaten Bandung – Pelitanusantara.com | Jauh sebelum maju bertarung dikancah Pilkada kabupaten Bandung, YENA ISKANDAR MA’SOEM telah memikirkan sebuah proyek untuk jadi program andalan nya dalam mensejahterakan warga Kapaten Bandung.

Ide dasarnya adalah bagaimana menuntaskan masalah SAMPAH tanpa menyisakan masalah baru di tempat pembuangan akhir sampah (TPA)

Setelah beberapa kali percobaan. maka terciptalah sebuah sebuah alat yang diimpikan dan YENA ISKANDAR MA’SOEM menyebut nya dengan  PENGOLAHAN SAMPAH PARIPURNA

Pengolahan Sampah YIM sangat berbeda dengan Bank Sampah.. yang memang sudah digarap oleh Pengepul Sampah Plastik dan Kertas.

Pengolahan Sampah Paripurna YIM fokus pada Sampah Rumah Tangga, Sampah Pasar, Sampah Rumah Sakit dan sampah basah lainnya.

Tidak berhenti disitu.. Hasil akhirnya dari Pengolahan Sampah Paripurna YIM ternyata dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomi cukup tinggi. Pestisida, Pupuk cair dan Kompos yg sangat dibutuhkan PETANI

Bila 1400 ton Sampah yang dihasilkan Kabupaten Bandung setiap harinya bisa di olah untuk menghasilkan Pestisida, Pupuk Cair dan kompos, maka bisa di bayangkan berapa ribu liter   Pestisida dan Pupuk cair  dan ratus kubik kompos yang mampu dihasilkan untuk penggembur lahan pertanian yg sudah rusak oleh Pupuk buatan.

Petani dikabupaten dapat Pupuk murah yang Ramah Lingkungan menuju Petani yang sejahtera dan berdaulat secara ekonomi serta memiliki lahan yang subur.(PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *