Dukcapil Goes to Campus, Berikan Pelayanan Jemput Bola ke Mahasiswa

Kefaspelita
Id7591 Whatsapp Image 2023 07 10 At 16.45.35
Spread the love

CIKARANG SELATAN – PELITANUSANTARA.COM, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi melalui program Dukcapil Goes to Campus, melakukan pelayanan jemput bola dalam Melayani Identitas Kependudukan Digital on The Spot (MINDO) yang bertempat di Kampus Universitas Pelita Bangsa, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, pada Minggu (09/07/2023).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Achmad Syarief mengatakan, program Dukcapil Goes to Campus ini merupakan bagian dari program Simpro (Siap Melayani Mudah Prosesnya) dengan tujuan membantu dan memudahkan dalam penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi masyarakat terutama para mahasiswa.

“Ya, Identitas Kependudukan Digital (IKD) ini kita sosialisasikan untuk seluruh kalangan baik kalangan masyarakat maupun mahasiswa,” ujarnya.

Achmad Syarief menambahkan, sebanyak 15 personel diturunkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Program Dukcapil Goes to Campus dibuka mulai tanggal 6, 9, 13 dan 16 Juli 2023 selain itu, waktu pelayanan sendiri dibuka mulai dari jam 09.00 hingga selesai.

“Untuk di kampus ini kita meluangkan waktu selama empat hari yakni setiap hari Kamis dan Minggu. Tentunya kita sudah koordinasi dengan pihak kampus karena menurut pihak kampus mahasiswa yang banyak ada di hari tersebut,” tambahnya.

Dia menuturkan, manfaat dari IKD sendiri yakni, mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan privat atau publik dalam bentuk digital, serta mengamankan kepemilikan identitas digital (digital identity) melalui sistem autentifikasi (authentication systems) untuk mencegah pemalsuan data.

“Dari hari kamis kemarin kita sudah menjangkau kurang lebih 600 mahasiswa. Dengan target menurut informasi dari pihak kampus sebanyak 12.000 mahasiswa, keinginan kita semuanya bisa registrasi IKD ini. Cuma kembali lagi kepada respon dari rekan-rekan mahasiswa sendiri maupun pengajar yang ada disini,” tuturnya.

Dia menghimbau, kepada segenap seluruh mahasiswa yang berada di lingkungan Universitas Pelita Bangsa, agar dapat segera meregistrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) tersebut, mengingat IKD akan sangat berguna dan bermanfaat di kemudian hari. Bagi mahasiswa yang ingin membuat IKD, lanjut dia, cukup mendatangi petugas Disdukcapil ke unit pelayanan yang tersedia di kampus.

“Bagi semua mahasiswa Universitas Pelita Bangsa, saya harapkan bisa segera registrasi IKD ini, karena nanti ke depannya fungsi IKD akan sangat vital seperti KTP atau Identitas yang ada di genggaman kita. Jadi ini akan memudahkan semua urusan publik,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pelita Bangsa, Indra Permana, S.sos., M.M., mengapresiasi program Dukcapil Goes to Campus dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi, program tersebut dinilai sangat membantu dan memudahkan mahasiswa dalam mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Ya, Program ini semoga bisa diteruskan, supaya program ini terus sukses dan lancar serta berjalan sesuai harapan dari Disdukcapil sendiri,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!