DPPPA Sosialisasi Program Percantik di Desa Selapajang Cisoka

Berita 8b8b9d7e D296 40da 9304 5b0ff34a9e0a
Spread the love

TANGERANG – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) kembali meggelar Sosialisasi Program Perempuan Cerdas, Apresiatif, Negosiatif, Talent Inovatif, dan Kreatif (Percantik) di Desa Selapanjang Kecamatan Cisoka, Rabu (19/06/2024).

Para peserta yang meliputi kader PKK dan masyarakat setempat, seperti ibu rumah tangga antusias mengikuti acara tersebut selama delapan hari. Mereka juga bersemangat sehingga pelaksanaannya berjalan baik.

Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga Pada DPPPA Murwani menjelaskan, pembinaan Program Percantik bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Peran perempuan dalam rumah tangga dibutuhkan untuk menciptakan perempuan yang mandiri, kreatif dan inovatif.

Pada pembinaan Program Percantik ini terdapat materi yang berkaitan dengan ketahanan ekonomi dan ketahanan keluarga. Para peserta dibimbing bagaimana menciptakan sebuah usaha seperti berjualan dalam bentuk apa pun mulai cara pembuatan hingga izin usahanya.

“Selain itu, berkaitan dengan ketahanan keluarga para peserta akan diberikan materi terkait pola asuh untuk anak-anaknya,” jelasnya.

Dia mengatakan, ketahanan ekonomi keluarga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, dari beberapa kasus stunting di Kabupaten Tangerang salah satu penyebabnya adalah ekonomi keluarga yang tidak berkecukupan.

Dengan begitu, pembinaan ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk pencegahan dan menekan angka stunting khususnya di Kabupaten Tangerang.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Kabupaten Tangerang masih cukup rendah dan ini termasuk pemicu adanya kasus stunting, untuk meningkatkan IPM dan IPG kami melakukan upaya melalui pembinaan Percantik,” ujarnya.

Ia berharap Pembinaan Program Percantik bisa mingkatkan kualitas ketahanan ekonomi dan keluarga di masyarakat agar kasus seperti stunting dan perceraian berkurang. Selain itu, para para ibu bisa mendidik anaknya menjadi generasi yang cerdas.

“Saya berharap dengan adanya pembinaan percantik bisa menjadikan seoarang ibu sebagai pendidikan pertama yang baik bagi anak-anaknya dan bisa membantu perekonomian keluarganya, agar masyarakat bisa hidup harmonis dan sejahtera,” harapnya.(JM)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!