Dorong Produktivitas Pelaku UMKM Perempuan di Melawi, PLN Gelar Pelatihan Keterampilan Usaha

Img 20230528 Wa0134
Spread the love

Melawi Kalbar-Pelitanusantara.com Dorong upaya peningkatan produktivitas usaha pelaku UMKM perempuan di Kabupaten Melawi, PLN UID Kalbar melalui program TJSL ‘PLN Peduli’ gelar pelatihan keterampilan usaha di Lepung Kurnia Water Park, Jalan Sertu Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, yang di laksanakan pada Jum’at tanggal (25/5) Kemarin.

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan ibu-ibu rumah tangga dari 7 desa di Kecamatan Nanga Pinoh, yakni ; Desa Kampung Paal, Desa Tembawang Panjang, Dusun Teluk Batu, Desa Kenual, Desa Sidomulyo, Desa Tanjung Tengang, Desa Tanjung Niaga, dan Desa Tanjung Sari ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan usaha yang selama ini telah dilakukan.

“Di Kabupaten Melawi ini kami melihat ada potensi yang besar dalam pengembangan ekonomi masyarakat lewat UMKM yang dikelola oleh kaum perempuan tangguh yang notabene menjadi tulang punggung keluarga,” ungkap Mochamad Soffin Hadi, General Manager PLN UID Kalbar pada press rilis media 28 Mei 2023 wib.

Dijelaskannya, pelatihan keterampilan usaha yang dilaksanakan antara lain ; Pengolahan aneka produk turunan berbahan dasar ikan, seperti kerupuk dan keripik ikan, stik ikan dan abon ikan. Pembuatan saos dan sambal kemasan. Juga ada pelatihan menjahit, sekaligus pemberian bantuan mesin jahit bagi para ibu yang berminat untuk membuka usaha kerajinan tangan dan menjahit pakaian.

“Pelatihan keterampilan usaha ini akan terus bergulir dan dilaksanakan setiap bulan, sepanjang tahun dengan target menyasar ibu-ibu kreatif yang ingin berusaha di berbagai lokasi desa yang ada di Kabupaten Melawi,” Jelas Soffin.

Ia juga menyebutkan, dalam melaksanakan program TJSL ‘PLN Peduli’ untuk membina dan mendampingi pelaku UMKM perempuan di Melawi ini pihaknya bekerja sama dengan Lembaga Perdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Melawi.

Ia berharap, upaya yang dilakukan oleh pihaknya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat lewat tangan-tangan kreatif kaum perempuan dengan berbagai keterampilan usaha yang dimilikinya.

Sementara itu, Ketua LPM Kabupaten Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri, mengatakan bahwa dukungan PLN sangat bermanfaat dalam mendorong dan meningkatkan aktivitas usaha para pelaku UMKM perempuan di Kabupaten Melawi. Sebagai mitra PLN dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Melawi, pihaknya berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM yang nantinya akan menjadi binaan PLN dalam program TJSL ‘PLN Peduli’.

“Kami merasa bersyukur atas bantuan yang telah diberikan oleh PLN, dan kami siap mendukung setiap program yang akan dijalankan. Atas nama warga khususnya para pelaku UMKM yang terlibat dalam seluruh kegiatan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas segala perhatian, dukungan serta bantuan yang telah diberikan. Semoga bermanfaat dan mendatangkan keberkahan bagi kita semua,” tutur Nurbetty.

Sumber: Jn/98

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!