Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Gelar Rapat Kerja

pelitanusantarakalteng
Img 20230627 Wa0062
Spread the love

 

Palangka Raya,pelitanusantara.com– Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Rapat Kerja Bidang Kesehatan (RAKERKESDA) Tahun 2023. Rapat Kerja Bidang Kesehatan tahun 2023 ini diselenggarakan selama tiga hari, dengan peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Direktur Rumah Sakit Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota, serta Pejabat Pengelola Penyusunan Program Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo, bertempat di Swiss-Bel Hotel Danum Palangka Raya, Senin (26/6/2023).

Dalam kata sambutannya, Wagub H. Edy Pratowo menyampaikan menyambut baik dan memberikan apresiasi  atas dilaksanakan Rapat kerja Bidang Kesehatan tahun 2023 yang diharapkan dapat memberikan pemikiran, ide, inovasi yang bermanfaat bagi pembangunan kesehatan di Kalteng dan Nasional.

“Pada saat ini masalah kesehatan yang kita hadapi adalah tiga beban penyakit yaitu masih adanya penyakit menular, tingginya angka kesakitan dan kematian akibat penyakit tidak menular, serta munculnya penyakit baru”, ucap Wagub saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng.

Lebih lanjut disampaikan, pengalaman pandemi COVID-19 selama tiga tahun telah mengajarkan bahwa tak ada satupun orang di dunia yang aman. Dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang terjadi saat ini maupun di masa yang akan datang.

“Menjawab tantangan tersebut melalui Visi Gubernur bersama Wakil Gubernur adalah  Kalimantan Tengah Makin BERKAH yakni Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis dan Misi mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berdaya saing”, imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kadis Kesehatan Prov Kalteng Suyuti Syamsul dalam laporannya selaku Ketua Panitia menyampaikan, Rapat Kerja Bidang Kesehatan Tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai kebijakan program-program pusat dan provinsi sebagai acuan dalam meningkatkan kinerja dan capaian indikator prioritas kesehatan dalam rangka mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju 2045 serta Kalimantan Tengah MAKIN BERKAH.

“Rapat Kerja Bidang Kesehatan Tahun 2023 ini juga merupakan pertemuan penting guna menciptakan komitmen bersama dan sinergisitas dalam percepatan kemampuan dan peningkatan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah. Arahan Bapak Gubernur Kalimantan Tengah dan pencerahan oleh para narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sangat diharapkan dalam pertemuan ini,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan adanya paparan dan diskusi kebijakan-kebijakan pembangunan kesehatan tahun 2023 dan peran lintas sektor dalam mendukung bidang kesehatan yang disampaikan oleh para narasumber dari Kementerian Kesehatan maupun lintas sektor.

Acara Rakerbidkes ini dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan lintas sektor, dan sesi diskusi peserta rapat.

Dengan harapan hasil diskusi tersebut menghasilkan saran dan masukan konstruktif terhadap pelaksanaan sinergisitas program dan kegiatan yang mengutamakan isu strategis bidang kesehatan tahun 2024 di provinsi dan kabupaten/kota yang selaras dengan Rencana Strategis (Renstra) Dinas Kesehatan dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng.**
RB/Nala

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!