Bimbingan Teknis PPDB Online Jenjang SMP Tahun 2023.

yupiterjogja
Img 20230524 101227
Spread the love

SLEMAN-PN NEWS, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Gelar Sosialisasi PPDB Online tahun 2023, kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga hari dari tanggal 22-24 Mei 2023, bertempat di RM Pringsewu, jalan magelang , Sleman.

Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi petunjuk teknis penerimaan peserta didik baru pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sleman tahun Ajaran 2023/2024.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Drs. Ery Widaryana,M.M (Rabu,24/5), di Lobby RM Pringsewu kepada wartawan mengatakan , memasuki tahun pelajaran 2023/2024, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, membuka pendaftaran siswa lulusan SD/MI/Paket A/sederajat, untuk mendaftar ke Sekolah Mengengah Tingkat Pertama (SMP) melalui beberapa jalur pendaftaran, diantaranya :

✓Jalur Afirmasi dengan kuota maksimal 15% ( minimal 12% Afirmasi KK miskin dan 3 % Afirmasi Disabilitas).

✓Jalur prestasi dengan kuota 30% dengan proporsi paling sedikit 25% bagi penduduk sleman dan 5% bagi penduduk luar Sleman. Ery Widaryana menuturkan bahwa , khusus jalur prestasi ada tambahan point misalnya prestasi olah raga , Seni dll, jadi bagi peserta didik sebelum mendaftar datang ke Dinas Sisdik untuk minta tambahan nilai (point) yang nilainya bervariasi, baik prestasi tingkat nasional dan tingkat daerah.

✓Jalur perpindahan tugas orang tua, diperuntukkan bagi penduduk luar Sleman yang mengikuti kepindahan orang tua/wali , yang dibuktikan dengan SK mutasi Penugasan Instansi Pemerintah, BUMN/BUMD,Perusahaan berbadan hukum.

✓Jalur Zonasi dengan kuota 50% dari daya tampung sekolah, meliputi Zonasi radius dan Zonasi wilayah.
Untuk Zonasi Radius, bagi calon peserta didik yang lolos verifikasi wajib diterima, berdasarkan jarak titik koordinat domisili dan titik koordinat Sekolah, sementara untuk Zonasi wilayah seleksi berdasarkan zona, nilai gabungan dan urutan pilihan sekolah.

Mekanisme pendaftaran masing-masing jalur kita pisah ,agar masyarakat tidak bingung, dimulai tanggal 12-13 juni 2023, dan pengumuman pada tanggal 14,16,17,22-24 Juni 2023, sesuai jalur pendaftarannya.

Hal terkait lainnya, yaitu daya tampung sekolah , Kadis Pendidikan Sleman mengatakan, Daya tampung untuk tingkat SMP tersedia +/-19 ribu orang , sedangkan lulusan paket A +/- 17 ribu orang, jadi daya tampung cukup untuk semua anak yang akan masuk sekolah tingkat SMP.

Selain itu, kita berikan kesempatan tambahan , bila tidak terpenuhi sementara akan kita upayakan di daerah perbatasan-perbatasan wilayah , kita berikan kesempatan, agar semua anak bisa mendapatkan sekolah, intinya anak usia sekolah harus masuk sekolah. pungkasnya.(Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!