Bawaslu Gelar Rapat Koordinasi Penertiban APK dan BK Paslon Cakada di Kabupaten Nias Selatan.

Nias Selatan (Sumut) – Pelitanusantara.com | Bawaslu Kabupaten Nias Selatan melaksanakan rapat koordinasi penertiban APK dan BK paslon Cakada Nias Selatan tahun 2020 di kantor Bawaslu Nias Selatan pada hari selasa, 17 November 2020 yang dihadiri oleh KPUD, Polres, Timses Paslon dan Satpol PP Kabupaten Nias Selatan.

Dalam sambutannya saat membuka rapat koordinasi, Pimpinan Bawaslu Nias Selatan Koordiv PHL Bawaslu Nias Selatan menjelaskan bahwa dari hasil pengawasan, Bawaslu banyak menemukan APK dan BK yang tidak memenuhi syarat desain, materi, ukuran, jumlah, serta Penempatan/lokasi yang tidak sesuai keputusan KPUD Nisel sesuai dengan kesepakatan antara Paslon, Bawaslu dan KPU.

Ketidaksesuaian APK dan BK paslon tentu akan berdampak pada sistem demokrasi di Kab. Nias Selatan, sehingga dibutuhkan kesigapan untuk menertibkan APK dan BK Paslon demi menciptakan Pilkada yang aman dan damai di Kabupaten Nias Selatan.

Dari hasil rapat koordinasi dapat disimpulkan bahwa paslon mendapatkan fasilitas APK dan BK yakni Baliho sebanyak 10 pcs untuk seluruh wilayah kabupaten, Umbul-umbul sebanyak 40 pcs per kecamatan, spanduk 4 pcs per desa.

Untuk penertiban APK dan BK yang tidak sesuai, Bawaslu akan menyurati KPU agar KPU menyurati paslon untuk menertibkan APK dan BK yang tidak sesuai tersebut selama 1×24 jam. Jika paslon tidak menertibkan APK dan BK sebagaimana dimaksud, Bawaslu bersama Polisi dan Satpol PP akan melakukan penertiban secara langsung. (ED/pelitanusantara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *