Angin Puting Belitung Mengakibatkan Porak Poranda puluhan Rumah dan Balai Desa Pucanganom Kecamatan Giritontro, Wonogiri. 

Img 20240225 Wa0021
Spread the love

Wonogiri – Hujan disertai angin puting beliung terjadi di wilayah Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro, Wonogiri. Puluhan rumah, sekolah, hingga balai desa terdampak angin kencang tersebut.

“Iya (ada angin puting beliung di Desa Pucanganom), sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Hujan tidak deras tapi angin kencang (puting beliung),” kata Kades Pucanganom Sukino saat dihubungi Awak Media Sabtu (24/2/2024).

Ia mengatakan, akibat puting beliung tersebut, sejumlah bangunan dan rumah terdampak. Rumah yang terdampak itu tersebar di Dusun Ploso dan Dusun Kepuh.

Img 20240225 Wa0020

“Rata-rata genting beterbangan, asbes nglengkap (menggulung). Pohon tumbang banyak, sawo besar, jati besar-besar,” ungkap dia.

Sukino mencatat, ada 34 rumah warga yang terdampak puting beliung. Selain itu Kantor Desa Pucanganom dan satu SD di sana juga terdampak. Total ada 36 bangunan yang terdampak.

“Balai Desa termasuk galvalum dan genting pendapa. SD itu genting, asbes,” jelasnya.

Ia menjelaskan, rumah salah satu warga Dusun Ploso tertimpa dua pohon jati. Sebagian besar rumah warga yang terdampak berupa genting beterbangan.

Sukino menambahkan, sempat ada pohon yang menutupi badan jalan desa. Namun pohon itu sudah dipotong dan kini jalan sudah bisa dilewati.

“Tidak ada korban dan tidak ada yang mengungsi, aman. Cuma ini masih penanganan (pukul 17.30 WIB). Yang ringan bisa sekarang. Yang parah lain hari,” kata Sukino.

HM

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!