TETAP ANDALKAN TUHAN !

Palicardo
Img 20211127 083139
Spread the love

Pelitanusantara.com | Suara Kebenaran Injil Hari Ini | 1 Tawarikh 10:13-14, “Demikianlah Saul mati karena perbuatannya yang tidak setia terhadap TUHAN, oleh karena ia tidak berpegang pada firman TUHAN, dan juga karena ia telah meminta petunjuk dari arwah, dan tidak meminta petunjuk TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan jabatan raja itu kepada Daud bin Isai.
*TETAP ANDALKAN TUHAN !*
Penulis Tawarikh mengarahkan perhatian-nya kepada Raja Daud. Dia adalah pendiri dinasti raja Yehuda dan sekaligus juga contoh yang hebat tentang keberhasilan yang akan menyertai usaha orang-orang yang mengandalkan Allah, pada zaman Ezra, dan zaman yang lain.
Tetapi untuk memantapkan latar belakang Daud, penulis Tawarikh mengaitkan daftar keturunan suku Benyamin (yang baru saja disajikan di (I Tawarikh 8; 9:35-44) dengan malapetaka nyata yang memnuat cepat naiknya Daud ke takhta, yaitu kematian pendahulunya dari suku Benyamin, yakni Saul. Rupanya penulis Tawarikh memakai sumber dari 1 Samuel 31 untuk mengi-sahkan peristiwa kematian Saul dalam peperangan melawan Filistin sebagai latar belakang naiknya Daud ke takhta Israel.
Kisah ini penting untuk menunjukkan beberapa hal. Pertama, kematian Saul merupakan hukuman Tuhan atas dia. Ia telah berdosa karena menolak untuk taat pada Tuhan (1 Tawarikh 10:13-14a). Kedua, kematian Saul bukan disebabkan oleh tangan Daud. Memang Daud telah diurapi untuk menjadi raja menggantikan Saul, jauh sebelum Saul mati.

Namun Daud tidak melakukan tindakan apapun untuk merebut takhta Saul. Daud setia menantikan tibanya waktu Tuhan. Kisah kematian Saul ditutup dengan kesim-pulan tegas bahwa Tuhan sendiri yang membunuh Saul dan yang menyerakkan jabatan raja kepada Daud (1 Tawarikh 10:14b).
Saudaraku, akhirnya kita tahu bahwa kisah yang dituliskan oleh penulis Tawarikh ini menjadi pembelajaran bagi kita, yaitu ; “Belajarlah mengandalkan Tuhan seperti Daud.” Haleluya, amen. Pst.harts

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!