IMAM BESAR AGUNG PENUH KASIH

  • Bagikan

Pelitanusantara.com Keluaran 28:15-16, “Haruslah engkau membuat tutup dada pernyataan keputusan: buatan seorang ahli. Buatannya sama dengan baju efod, demikianlah harus engkau membuatnya, yakni dari emas, kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya haruslah engkau membuatnya. Haruslah itu empat persegi, lipat dua, sejengkal panjangnya dan sejengkal lebarnya.

IMAM BESAR AGUNG PENUH KASIH

Perhiasan imam besar Harun yang paling megah adalah tutup dada ini, sepotong kain yang mewah, dikerjakan dengan teliti dari emas, kain ungu, dan seterusnya. Panjangnya dua jengkal dan lebarnya sejengkal, sehingga, karena dilipat dua, luasnya sejengkal kali sejengkal (Keluaran 28:16). Tutup dada ini diikatkan ke baju efod dengan untai-untai emas yang berjalin (Keluaran 28:13-14, 22), di atas dan di bawah, sehingga tutup dada itu tidak dapat bergeser dari baju efod (Keluaran 28:28).

Baju efod adalah pakaian pelayanan dan tutup dada pernyataan keputusan adalah lambang kehormatan. Keduanya itu tak bisa dipisahkan dengan alasan apa pun. Pada tutup dada ini, seolah-olah suku-suku Israel itu dibawa oleh Imam ke hadapan Allah dalam dua belas batu mulia (Keluaran 28:17-21).

Nama masing-masing suku diukir pada sebuah batu mulia, untuk memperlihatkan betapa berharga orang-orang percaya (dalam hal ini Israel dan Kristen) dalam pandangan Allah, dan betapa terhormatnya (Yesaya 43:4).

Saudaraku, Tuhan Yesus Kristus adalah Imam Besar Agung yang menanggung seluruh beban dosa umat manusia di bahu-Nya, ketika dia mewakili dunia di hadapan Allah Bapa. Hidup kita yang sudah ditebus sudah menjadi milik Imam Besar Agung, yaitu Tuhan Yesus Kristus, Sang Penebus dosa itu sendiri. Dan bila kita sudah menjadi milik-Nya maka kita harus hidup seturut kehendak-Nya. Haleluyah, amen. Pst.harts

  • Bagikan