Menuju SMART CITY DISKOMINFO Karanganyar Godok SDM

  • Bagikan

KARANGANYAR – PELITANUSANTARA.COM Niat Kabupaten Karanganyar menjadikan Smart City terus membara. Buktinya, Diskominfo Kabupaten Karanganyar “menggodok’ Sumber Daya Manusia (SDM) atau tim penyusun masterplan Smart City bimbingan dan pelatihan (Bimtek) di Hotel Djawa Dwipa, Karangpandan, Rabu (01/09). Bimtek tersebut diharapkan dapat menyatukan langkah dan tekad untuk tim penyusun masterplan Smart City.

“Mari, momemtum pandemi Covid 19 ini untuk mempercepat transformasi digital. Smart City menjadikan semua pelayanan kepada masyarakat berupa digital atau tehnologi informasi,” papar Kepala Diskominfo Karanganyar, Sujarno mewakili Bupati Karanganyar saat membuka Bimtek Penyusun Masterplan Smart City.

Dia menambahkan smart city juga diharapkan dapat mendukung kawasan wisata Borobudur. Apa saja yang harus ada dalam smart City juga telah dihadirkan tenaga ahli dari Kementrian Komunikasi dan Informatika. “Dengan SDM yang handal dan kuat Smart City akan terwujud dengan baik. Insya Allah, besok bupati Karanganyar akan hadir dalam kesempatan Bimtek penyusunan masterplan Smart City, ” imbuhnya.

Sementara perwakilan dari Setdirjen Aptika Kementrian Komunikasi dan Informatika, Maykasa Harjoni mengatakan Smart City menjadikan semua pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan tehnologi informasi. Smart City meliputi Smart Goverment, Smart Branding, Smart Ekonomi, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. Untuk Smart Goverment ada tiga indikator yakni kebijakan, birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat. “Seberapa jauh dukungan peraturan dan SDMnya untuk memanfaatkan tehnologi informasi atau smart city. Termasuk bagaimana kebijakan dan dukungan anggaran untuk smart city,” tambahnya (Maryudi)

  • Bagikan