Tokoh Masyarakat Kalibata City Benny Vidya Sapta Apresiasi Kegiatan Simulasi Mitigasi Bencana Kebakaran

Kefaspelita
Img 20230912 Wa0021
Spread the love

 

 

JAKARTA – PELITANUSANTARA.COM 

Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, sebagai salah satu site kelolaan Inner City Management (ICM) kembali menggelar simulasi evakuasi bahaya kebakaran gedung yang melibatkan staf dan penghuni.

Program ini menjadi salah satu bentuk komitmen ICM terhadap keamanan dan keselamatan warga yang tinggal di gedung yang dikelolanya, Minggu (10/09/23).

General Manager Apartemen Kalibata City Martiza Melati mengatakan peristiwa kebakaran menjadi salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat terjadi kapanpun serta di mana pun, terutama pada gedung bertingkat seperti apartemen.

Untuk itu, kata dia, kesadaran akan pentingnya penanganan bencana kebakaran menjadi hal utama yang harus ditanamkan kepada penghuni dan tenant.

Simulasi evakuasi dan penanggulangan kebakaran sendiri, merupakan agenda rutin di Apartemen Kalibata City yang dilaksanakan dua kali dalam setahun.

Program ini diselenggarakan dengan maksud meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan proses evakuasi di saat terjadinya peristiwa kebakaran.

“Tidak ada ruang ataupun lingkungan yang terbebas dari risiko kebakaran ini yang dapat mengakibatkan kerugian materi juga adanya korban jiwa dan kerugian lain secara tidak langsung. Melalui general evacuation ini kami mendorong para penghuni dan tenant agar selalu dalam keadaan sigap ketika peristiwa tidak diinginkan itu terjadi,” ujar Martiza.

Dalam giat yang dilaksanakan di Tower Sakura dan Tower Rafles, turut melibatkan Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) dan Tenant Safety Officer (TSO) yang sudah dibentuk Badan Pengelola, dengan menghadirkan juga tenaga profesional dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta.

Mereka menilai proses evakuasi dan menguji sistem keamanan yang dimiliki pengelola, sekaligus memberikan edukasi kepada penghuni mengenai mitigasi pencegahan kebakaran, tahapan-tahapan yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran, dan bagaimana melakukan pertolongan pertama terhadap diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya,” jelas Martiza.

Sementara itu, Benny Vidya Sapta Catur P. seorang tokoh masyarakat yang juga merupakan penghuni Tower Sakura Apartemen Kalibata City mengapresiasi program simulasi evakuasi dan penanggulangan kebakaran yang dilakukan Badan Pengelola.

Menurut Benny, kegiatan ini positif untuk mengantisipasi jika terjadi peristiwa kebakaran, para penghuni sudah mengetahui upaya yang harus dilakukan.

“Simulasi ini sangat besar manfaatnya bagi kami untuk meningkatkan kesadaran dalam mencegah terjadinya kebakaran dengan mengenal indikasi sedini mungkin, serta kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menangani peristiwa kebakaran,” ungkap pria yang dikenal sangat peduli dan aktif dalam berbagai aktivitas sosial ini.

“Semua warga Kalibata City tentunya juga harus memiliki kesadaran dan pengetahuan mitigasi yang cukup baik, karena itu kegiatan edukasi seperti ini saya rasa harus secara rutin dilaksanakan,” pungkas Benny yang merupakan penghuni senior di apartemen yang letaknya sangat strategis ini.

Sebagai informasi, ICM telah berpengalaman selama 17 tahun mengelola keselamatan puluhan gedung di berbagai kota di Indonesia.(PR/Red)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!