Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat, Desa Sungai Petai Launching Aplikasi Berbasis Mobile

Kampar – Pelitanusantara.com Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Desa Sungai Petai membuat terobosan baru dengan melaunching aplikasi “Digitalisasi Desa” pertama di Riau dan Sumatera.

Gagasan program tersebut bertujuan untuk peningkatan pelayanan administrasi desa, peningkatan produktifitas desa, peningkatan pelayanan desa bagi masyarakat dan memberikan solusi terhadap berbagai masalah pemasaran, sekaligus peningkatan penjualan berbagai produk unggulan desa.

Aplikasi yang dilaunching tersebut memiliki berbagai fitur layanan masyarakat seperti Administrasi Desa, pengaduan online, sentra informasi masyarakat desa dan dilengkapi dengan layanan Disdukcapil, diantaranya akta kelahiran, kartu keluarga dan lainnya.

Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto memberikan apresiasi atas launchingnya Aplikasi Halaman dan berharap Desa Sungai Petai menjadi roll model bagi desa lainnya, ia juga mengatakan bila perlu sampai ke level kecamatan harus dikembangkan.

“Inovasi dan karya yang seperti ini harus didukung semua stakeholder untuk memfasilitasi terwujudnya kreatifitas dan inovasi setiap desa di Kabupaten Kampar” ucap Bupati Kampar dalam sambutannya.

“Saat ini kita sudah di era digital 4.0 dan momentum ini berhasil dimanfaatkan kepala Desa Sungai Petai untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Ini sangat mudah digunakan masyarakat karena berbasis mobile, sehingga masyarakat tidak bolak balik kekantor desa” terangnya.

Kepala Desa Sungai Petai, Rian Adli, S.I.Kom menerangkan bahwa aplikasi halaman kampung ini dibuat sesuai kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman era digital saat ini.

“Aplikasi Halaman Kampung yang berbasis mobile atau android ini dirancang untuk mempermudah segala urusan masyarakat dan menciptakan masyarakat yang adaptif terhadap kemajuan teknologi” tegasnya.

Kepala Desa Sungai Petai yang merupakan inisiator Desa Digital ini menyampaikan bahwa aplikasi halaman kampung juga bertujuan meningkatkan SDM Sungai Petai.

Desa Sungai Petai Binaan Kodim O313 KPR ini juga mendapat penghargaan dari Dandim 031 dan Projo Riau atas inovasi dan karya sebagai Desa Digital Pertama di Riau dan Sumatera.

Support Dandim 0313/KPR, Letkol Inf Leo Octavianus Sinaga terlihat dari masukan dan diskusi sebelum launchingnya aplikasi ini. Ia memberikan masukan kepada kepala desa dan tim IT agar aplikasi bisa digunakan dengan mudah dan tidak ribet.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kampar, Febrinaldi Tridarmawan, S.STP, M.Si menyampaikan akan mendukung dan memfasilitasi desa yang memiliki terobosan baru untuk kemanfaatan bagi masyarakat desa.

Ketua Projo Riau, Sonny Silaban juga memberikan perhatian serius untuk desa digital pertama di Riau dan Sumatera, Ia memandang perlu bahwa sudah saatnya setiap desa peka terhadap kemajuan teknologi. “Kemajuan teknologi ini akan sangat bermanfaat apabila desa dapat memanfaatkan dengan baik” ucapnya.

Turut hadir dalam acara Forkompinda, Kepala Kejaksaan Kampar, Kadis Kominfo, Camat Kampar Kiri Hilir dan Ketua Lembaga kerapatan Adat Kenegerian Sungai Pagar.

Diakhir acara dilakukan penanaman pohon bersama sebagai simbol kepedulian terhadap lingkungan dan alam. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *