Tanggap Bencana, Kapolres Serang Pimpin Apel Gelar Pasukan

  • Bagikan

Pelitanusantara.com SERANG – Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam Polres Serang Polda Banten melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Apel Polres Serang pada Kamis (11/11).

Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Serang AKBP Yudha Satria dan dihadiri Kepala BPBD Serang Nana Sukmana, Dandim 0602 Serang,  PJU Polres Serang, Kapolsek jajaran Polres Serang dan instansi terkait lainnya.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria mengatakan Apel Gelar Pasukan ini sebagai sarana dalam pengecekan kesiapan seluruh unsur pelaksana penanggulangan bencana dan merupakan wujud kesiapsiagaan Polres Serang dan jajaran instansi terkait dalam menanggulangi bencana alam di wilahah hukum Polres Serang. “Benar, bahwa Apel Gelar Pasukan ini untuk mengecek kesiapan dari pada personel, sarana dan prasana dalam penanggulangan bencana alam,” kata Yudha Satria.

Selanjutnya, menurut Yudha Satria berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Serang dilihat dari keadaan cuaca, tekanan udara serta suhu udara rata rata wilayah Kabupaten Serang akan menghadapi fenomena La Nina yang intensitasnya akan meningkat, kondisi ini kemungkinan akan berkembang diprediksi hingga Februari 2022.

Dari pemetaan wilayah, Polres Serang memiliki tiga aliran sungai besar yaitu Sungai Cidurian, Sungai Cibereum dan Sungai Ciujung sehingga wilayahnya dimungkinkan akan terjadi bencana alam berupa banjir dan longsor. “Adanya potensi wilayah rawan terjadi bencana alam berupa banjir dan longsor disekitaran Sungai Cidurian, Sungai Cibereum, dan Sungai Ciujung,” ungkap Yudha Satria.

Lebih lanjut Yudha mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, maka Polres Serang telah mempersiapkan penanggulangan bencana yaitu dengan kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. “Bila mana terjadi bencana alam, Polres Serang bersama instansi terkait sudah siap turun langsung kelapangan baik dari personel, sarana dan prasarana,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui Polda Banten telah melakukan rapat koordinasi Siaga dan Mitigasi Bencana pada Senin (08/10) lalu. Dalam rakor tersebut, Kapolda Banten telah mengistruksikan jajarannya untuk menginventarisir kerawanan bencana, melaksanakan apel siaga dan simulasi bencana, terjun langsung memberikan pertolongan dan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana, menyiapkan tempat-tempat penampungan yang aman dengan sanitasi yang baik dilengkapi dapur umum, selanjutnya meminta jajaran Reserse untuk tindak tegas pelaku pembalakan liar dan penambangan ilegal yang berdampak pada bencana alam. ( Nena )

  • Bagikan