Sragen Expo 2023, SCF dan Parade Musik Pelajar Jadi Penutup Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-277

Screenshot 20230601 084451
Spread the love

SRAGEN – PELITANUSANTARA.COM Rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-277 ditutup dengan kehadiran kolaborasi Sragen Expo 2023, Sragen Creative Festival (SCF) dan Parade Band Pelajar yang di gelar di Gor Diponegoro Sragen Rabu, 31 Mei hingga 1 Juni 2023..

dibuka secara resmi oleh Wakil Pameran Sragen H. Suroto ditandai dengan membunyikan drum didampingi perwakilan Forkopimda Kabupaten Sragen, para Asisten Sekda Sragen dan Kepala Diskumindag Kabupaten Sragen.

Selain sebagai ajang bersilahturahmi kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif khususnya di subsektor fashion. kuliner kria dan seni dipertunjukkan serta sebagai sarana mempromosikan potensi UMKM Kabupaten Sragen.

Kepala Dinas Kopeasi Usaha Kecil Menegah Perindutrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Sragen Cosmas Edwi Yunanto menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan selain sebagai ajang silaturahmi antar pelajar juga sebagai memupuk jiwa kesenian Kabupaten. Ejoni di Kabupatrn Sragen,

Diterangkannya, Sragen Expo 2023 menghadirkan 33 produk UMKM unggulan Kabupaten Sragen yang terdiri dari 9 UMKM batik dan 24 kerajinan dan makanan olahan.

Sedangkan Sragen Creative Festival mengambil tema Sragen Costume Festival yang menampilkan beberap karya ekraf bertema costume dalam sub sektor Fashion serta menghadirkan 6 stand ekonomi kreatif dan 20 stand kuliner.

Adapula event cosplay dan coswalk copetetition. Kemudian Parade Band Pelajar menampilkan 17 band asal SMA/SMK se-Kabupaten Sragen.

Wabup Suroto dalam Arahnya menjelaskan pemberdayaan UMKM dan pengembangan industri kreatif menjadi program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Sragen Tahun 2021 – 2026.

Permberdayaan UMKM tersebut dilaksanakan melalui berbagai program pelatihan, bantuan peralatan dan expo yang dilakukan secara lokal, regional maupun nasional.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-277, Sragen Expo, SCF dan Parade Musk Pelajar diharapkan dapat menjadi media promosi produk unggulan daerah dari UMKM di Kabupaten Sragen.

Ditambahkannya, kegiatan ini selain melibatkan kolaborasi 3 OPD (Diskumindag, Dispora dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) juga merupakan kolaborasi beberapa sub sektor dari 17 sub sektor ekonomi kreatif sesuai Perpres No. 103 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif.

Beberapa subsektor ekonomi kreatif yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain subsektor kuliner, fashion, kria, musik dan seni pertunjukan.

Dalam kesempatan ini himbauan menggandeng generasi milenial dan gen Z sebagai pengguna terbesar media sosial untuk bersama-sama terlibat dalam kegiatan ini seperti fashion show dari SMK yang ada di jurusan tata busana Kabupaten Sragen, kompetisi cosplay, penggemar dan komunitas anme serta kompetisi vlog.

“Kami berterima kasih sebesar-besarnya kepada UMKM Sragen yang telah berpartisipasi dalam Sragen Expo 2023 dan seluruh peserta SCF serta Parade Musik Pelajar. Semoga produknya laris dan omsetnya meningkat. Dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sragen sehingga membantu membuka lapangan pekerjaan yang harapannya berperan menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Sragen.”imbuhnya. (red)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!