Seni Tari Poin Pendukung Pariwisata Riau

Pekanbaru, Pelitanusantara.com – Seni Budaya Tari adalah salah satu hal atau poin terpenting dalam mendukung pariwisata di Riau, dan ini menjadi perhatian di tingkat nasional, sehingga iven tari yang diajukan Bumi Lancang Kuning ini mendapat dukungan.

Hal ini dikatakan, Kepala Dinas Pariwisata Riau, dalam hal ini diwakili Kabid Pemasaran dan Promosi Dispar Riau, Ricko Riyanto saat membuka Malam Grand Final, Pemilihan Putera Puteri Tari Riau 2021, Sabtu malam (3/4/2021), di Aula Kantor Dinas Pendidikan provinsi Riau.

“Dinas Pariwisata Riau sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi ini juga bagian dari promosi pariwisata di Provinsi Riau,” Ricko.

Semangat panitia, menurut Ricko, sangat luar biasa. “Kami sangat mendukung Pemilihan Putera Puteri Tari Riau ini, dan tari adalah salah satu hal pendukung terpenting dunia pariwisata,” ujarnya.

Ia menyebutkan, salah satu iven pariwisata yang diajukan Dispar Riau ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) adalah Tari Zapin Api, dan ini sangat didukung.

“Insya Allah iven Tari Zapin Api mendapat support dari Kemenparekraf, dan ini akan dilaksanakan di tahun ini,”imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pemilihan Putera Puteri Tari Riau 2021, Tito menekankan, Pemilihan Putera Puteri Tari berdiri sejak tahun 2019. Sebelumnya, tidak ada dilaksanakan per daerah, namun langsung digelar secara nasional, sekarang tahun 2021 dan tahun berikutnya diseleksi di daerah terlebih dahulu baru ke tingkat nasional.

“Iven tari ini juga promosi pariwisata Riau, dan Riau punya talenta tari yang luar biasa. Sejak dilakukan pemilihan putera puteri tari, dua tahun berturut-turut prestasi peserta dari Riau luar biasa,”tambahnya.

Peserta Grand Final Pemilihan Putera Puteri Tari Riau 2021 sebenarnya ada 16 peserta dari seluruh daerah yang ada di Provinsi Riau, akan tetapi 1 peserta mengundurkan diri.(PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *