Sambangi Kodim Martapura, Pangdam VI Mulawarman Ingatkan Netralitas Prajurit TNI Pada Pilkada Serentak

Martapura,Pelitanusantara.com Dalam rangka Kunjungan kerja ke Kodim 1006 Martapura, Pangdam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto ingatkan Prajuritnya Netralitas TNI pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Kedatangan Pandam VI/Mulawarman didampingi Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah beserta para Asisten dalam Kunjungan Kerjanya Ke Kodim 1006 Martapura Diterima langsung oleh Dandim 1006/ Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto berserta seluruh pasukan, di Halaman Makodim Martapura, Kabupaten Banjar, Jumat (27/11/2020).

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan kunjungan ke Kodim 1006  Martapura ini setelah melewati beberapa kegiatan utama dalam kunjungan kerja

“Saya memang melakukan beberapa agenda dalam kunjungan kerja di Kalsel ini, maka di sela-sela waktu yang ada saya mengunjungi prajurit saya di kodim 1006 /Martapura ini,”ucap dia.

Dikatakannya, kunjungan ini juga berkaitan dengan tugas-tugas kodim terlebih khusus dalam menghadapi fenomena Penyeberan covid-19.

“Berkaitan dengan itu, saya yakin kodim Martapura pasti sudah paham tugas dan fungsinya membantu pemerintah dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan,”kata dia.

Jendral Bintang Dua ini mengatakan dari pantauannya, pihak Kodim 1006 Martapura bersama unsur-unsur yang ada yakni Koramil, Babinsa di wilayah binaannya bersama-sama telah melaksanakan langkah-langkah itu dengan baik.

Dengan demikian wilayah Kalimantan Khususnya Martapura ini mengalami penurunan penyebaran covid-19 yang cukup tajam, walau sebelumnya angka covid-19 cukup tinggi di wilayah Martapura.

“Dan ini tentu kerja sama antara seluruh komponen masyarakat dan harus dilakuan terus-menerus  dalam rangka menangani dan memerangi covid-19 ini,”ungkap dia.

Ia juga menambahkan dalam waktu dekat Kalsel pada umumnya akan menghadapi Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

“Tahapan pilkada sudah berjalan, saya hanya ingin meyakinkan seluruh prajurit TNI harus netral tidak berpihak pada satu pasangan calon pun,”lanjut dia.

Ia mengatakan tugas TNI adalah membantu KPU dan Bawaslu dengan unsur-unsur kepolisian menjaga agar pilkada serentak nantinya dapat berlangsung dengan aman, lancar dan damai.

Selain Pilkada, ia menekankan juga barang kali kita akan atau sedang menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan khususnya di Kalsel.

“Sehingga saya mengingatkan terus agar prajurit selalu siap meskipun di tengah kesibukan yang begitu banyak di Kodim tetapi harus terus memitigasi dan mengantisipasi apabila menghadapi bencana,”tegas dia.

Ia juga mengapreseasi kreatifitas Kodim 1006 Martapura cukup bagus bersama ibu-ibu Persit membuat semacam demplot di lahan yang sangat terbatas, mampu menciptakan inovasi dengan tanaman-tanaman hidroponik dan pembibitan ikan dalam kolam dan ember.

“Inovasi dan kekreativitasan ini perlu sehingga dengan demikian antara tugas pokok di kodim dan kesejahteraan personil tetap sejalan,” harapnya.

Sementara itu, Dandim 1006/ Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengapreseasi kehadiran Pangdam di Kodim 1006 Martapura di tengah-tengah kesibukannya dalam kunjungan kerja di Kalsel.

“Maksud kedatangan Pangdam pada hari ini adalah ingin melihat satuan karena sejak kepemimpinannya, beliau belum pernah ke satuan-satuan di wilayah Kalimantan Selatan sehingga pada hari ini akan merapat ke kodim 1006 Martapura,”ujar dia.

Selain melihat satuan, kehadiran Pangdam juga ingin memberi motivasi kepada anggota  agar di tengah Pandemi ini selalu menjaga protokol kesehatan, menjaga kondisi dan tetap menjalankan tugas sebagai anggota satuan kewilayahan yaitu membantu masyarakat mengatasi kesulitan.

Selain membantu masyarakat untuk taat pada protokol kesehatan, juga membantu pemerintah dalam operasi Yustisi dalam rangka menekan angka penyebaran covid-19.

“Terkait Pilkada serentak, kehadiran Pangdam pada hari juga dalam rangka mengingatkan prajurit terhadap Netralitas TNI,” papar dia. (PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *