Profil Cawapres Paslon 02 ” Gibran Rakabuming Raka Cawapres Termuda Indonesi”

5c1fabba 6654 4ba2 Adbe 33e178637aae 169 (1)
Spread the love

Jakarta,Pelitanusantara.com Pemilihan umum dan pemilihan presiden (pilpres) 2024 tinggal menunggu hitungan hari. Tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dengan beragam latar belakang pendidikan dan jalur karier akan bertarung di pilpres 2024.

Tiga paslon capres yang akan bertarung di pilpres adalah Anies Baswedan yang akan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto menggandeng Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD.

Berikut profil lengkap masing-masing cawapres

Cawapres No 2 Gibran Rakabuming Raka Cnbc Indonesiamuhamad Sabki 3 169

Gibran Rakabuming Raka

Gibran merupakan pengusaha dan politikus yang saat ini menjabat Wali Kota Surakarta atau Solo. Gibran akan mendampingi Prabowo Subianto dalam pilpres 2024 dengan status cawapres termuda dalam sejarah Indonesia.

Latar Belakang Keluarga

Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung dari tiga bersaudara dari pasangan Presiden Jokowi-Iriana. Ayah dua anak ini lahir pada 1 Oktober 1987 atau berusia 36 tahun saat ini. Ia menjabat sebagai Wali Kota Surakarta sejak Februari 2021.

Sejak kecil Gibran menetap di Surakarta dan mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul; Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta; dan Orchid Park Secondary School, Singapura.

Wali Kota Solo Yang Juga Politikus Pdip Gibran Rakabuming Raka Menemui Sekretaris Jenderal Dpp Pdip Hasto Kristiyanto Di Kanto 169

Menurut laman resmi, Orchid Park Secondary School adalah sekolah yang unggul dan fokus dalam bidang seni visual, pertunjukan, dan kepemimpinan pemuda di masyarakat.

Setelah pendidikan, SD, SMP, dan SMA, Gibran melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Singapura, yakni di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan lulus pada 2007.

Kemudian, Gibran kembali melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology, Sydney, Australia dan lulus pada 2010.

Karier
Usai menyelesaikan pendidikan, Gibran kembali ke Indonesia dan membuka sederet bisnis di berbagai bidang. Berdasarkan penelusuran media pelitanusantara.com ,rata-rata bisnis Gibran adalah bidang makanan dan minuman (FnB) yang juga berkolaborasi dengan sang adik, Kaesang Pangarep.

Salah satu bisnis Gibran yang paling terkenal adalah Markobar, yakni bisnis kuliner yang menjual aneka martabak. Berdasarkan informasi di akun Instagram resmi (@markobar1996), Markobar memiliki cabang yang tersebar di Solo, Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, dan DKI Jakarta.

Gibran juga mendirikan usaha catering bernama Chilli Pari. Bersama adiknya Kaesang Pangarep dan Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius, Gibran mendirikan restoran bernama Mangkokku.

Gibran juga mendirikan aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic yang menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.

Gibran maju sebagai Wali Kota Solo bersama Teguh Prakosa pada Desember 2020 dan memenangi pemilihan dengan suara telak.

Belum genap memimpin Solo selama tiga tahun, nama Gibran ramai mulai ramai dibicarakan sebagai kandidat cawapres pada akhir 2022.

Gibran akhirnya maju sebagai cawapres Prabowo setelah Mahkamah Konstitusi (MK)mengabulkan gugatan batas usia.

Sebagaimana diketahui, pada Oktober 2023, MK menggelar sidang pengucapan putusan uji materiil Pasal 169 huruf q UU Nomor Tahun 2017 tentang Pemilu terkait batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di ruang sidang pleno, Gedung MK, Jakarta.

Pasal yang digugat mengatur soal batas usia minimal capres-cawapres, yakni 40 tahun dan tidak mengatur batas usia maksimal capres-cawapres.

Setelah perkara yang digugat PSI, Partai Garuda dan tiga kepala daerah, MK mengadili perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023 yang diajukan seorang mahasiswa bernama Almas Tsaqibbirru Re A. Ia memilih Arif Sahudi, Utomo Kurniawan, dkk sebagai kuasa hukum.

Permohonan ini diterima MK pada 3 Agustus 2023. Pemohon ingin MK mengubah batas usia minimal capres-cawapres menjadi 40 tahun atau berpengalaman sebagai Kepala Daerah baik di Tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

MK pun memutuskan mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Putusan MK ini membuka peluang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bisa ikut berkompetisi di Pilpres 2024.

(Red)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!