Polres Pandeglang Gelar Lomba Pos Kamling, Perkuat Siskamling dan Memupuk Kebersamaan

hdevananda2022
Img 20230621 Wa0103
Spread the love

Pandeglang – PN News || Pos ronda atau pos kamling adalah sebuah tempat yang dipakai untuk menjaga keamanan. Biasanya, pos ronda dilengkapi dengan kentongan yang dibunyikan saat ada suatu marabahaya.

Kegiatan yang dilakukan di pos ronda biasa disebut siskamling (sistem keamanan lingkungan) sekaligus sebagai tempat silaturahmi. Pada saat ini teknologi Camera CCTV telah menggeser fungsi pos ronda di sebagian wilayah Indonesia.

Akan tetapi keberadaan CCTV tidak dapat menggantikan keberadaan pos ronda/pos kamling secara signifikan dikarenakan CCTV masih banyak memiliki kelemahan maka dari itu sangat pentingnya Pos ronda/pos kamling yang wajib ada pada setiap daerah. sudah seperti tradisi, di Indonesia masih berlaku siskamling atau ronda malam dengan tujuan menjaga keamanan.

Di Kabupaten Pandeglang sendiri pos kamling tidak hanya sebagai tempat untuk berjaga tapi sudah menjadi agenda rutin. Polres Pandeglang mengajak 35 kecamatan untuk mengadakan lomba pos kamling terbaik.

Menurut Kasat Binmas Polres Pandeglang AKP Satir, lomba pos kamling ini merupakan salah satu kegiatan untuk menyambut hari Bhayangkara ke-77 yang mengusung tema “Polri presisi untuk negeri, pemilu damai menuju Indonesia maju” dalam rangka memupuk jiwa perlindungan masyarakat pada wilayah masing-masing kelurahan.

“Selain buat menjaga keamanan wilayah di masing-masing kelurahan juga bertujuan untuk memupuk jiwa kebersamaan dan pererat silaturrahmi antar warga,” kata Kasat Binmas AKP Satir, Rabu (21/06/2023).

AKP Satir menambahkan dalam lomba ini nanti akan di ambil 3 nominasi terbaik, dan melibatkan juri dari beberapa unsur diantaranya yang mewakili kecamatan, dari kepolisian yakni Kapolsek, dan dari TNI di wakili Danramil.

“Semua unsur kami libatkan dalam penilaian lomba pos kamling ini,” ujarnya.

“Ada beberapa kelengkapan administrasi yang harus dilengkapi dalam lomba ini, diantaranya; buku tamu, buku jaga, buku mutasi warga dan buku kejadian. Selain itu juga ada kelengkapan peralatan keamanan, pentungan, kentongan, lampu senter, borgol dan juga dilengkapi peralatan penanggulangan bencana kebakaran dan banjir,” ucap Kasat Binmas.

Kasat Binmas AKP Satir berharap disamping meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya keamanan baik diri sendiri maupun bersama juga melestarikan budaya gotong royong masyarakat dan peduli terhadap sesama serta menghidupkan pos jaga di semua RT.

Pos kamling yang baik itu harus memenuhi kriteria diantaranya, peralatannya lengkap kemudian kelengkapan administrasi juga lengkap, contohnya buku tamu, buku mutasi jaga dan juga buku kejadian.

”Selain itu di setiap pos kamling itu harus ada jadwal jaga, ada nomer telpon penting yang sewaktu-waktu dapat di hubungi, misal kantor polisi, pemadam kebakaran. Tak kalah penting adalah penerangan di pos kamling dan sebagainya,” tutup Kasat Binmas AKP Satir.

(Ari)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!