Polres Metro Tangerang Kota Berhasil Ungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu dan Ganja

hdevananda2022
Img 20230626 161120
Spread the love

Kota Tangerang – PN News ||Polres Metro Tangerang Kota mengelar pers rilis Ungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu dan Ganja Senin (26/06/2023) bertempat di halaman Polres Metro Tangerang Kota

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho Melalui Kasi Humas Kompol Abdul Jana Menjelaskan Pengungkapan narkotika jenis Ganja dengan Modus Operandi melalui Jasa pengiriman.

Lanjut Kasi Humas Kompol Abdul Jana Berawal informasi dari petugas Bea dan Cukai Jakarta bahwa akan ada pengiriman narkotika jenis Ganja melalui Jasa Pengiriman Lion Parcel, kemudian Tim dari Unit 3 Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota melakukan penyelidikan selama kurang Lebih 1 Minggu, dari hasil penyelidikan bahwa barang berupa narkotika jenis Ganja akan dikirim oleh Lion Parcel kepada masing-masing penerima. Kemudian Patugas melakukan Control Delivery (pengiriman yang diawasi) dan berhasil menangkap pelaku tindak pidana narkotika jenis Ganja sebagai berikut:

Pada hari Senin tanggal 8 Mei 2023 pukul 19.00 Wib di daerah Gambir Jakarta Pusat berhasil menangkap tersangka “HD” dengan barang bukti yang berhasil disita berupa 3 (tiga) bungkus besar berisi narkotika jenis Ganja (2.725 gram), 1 (satu) bungkus berlakban coklat (95 gram), 2 (dua) bungkus berlakban coklat berisi narkotika jenis Ganja (710 gram)

Pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2023 pukul 15.30 Wib di daerah Gambir Jakarta Pusat berhasil menangkap tersangka “TB” dengan barang bukti yang berhasil disita 9 (sembilan) bungkus berlakban coklat berisi narkotika jenis Ganja (844,49 gram)

Pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2023 pukul 15.00 Wib di daerah Pondok Aren Kota Tangerang Selatan berhasil menangkap tersangka “RR” dengan barang bukti yang berhasil disita 1 (satu)bungkus narkotika jenis Ganja (646,30 gram)

Pada hari Selasa tanggal 9 Mei 2023 pukul 17.00 Wib di daerah Legok Kab. Tangerang berhasil menangkap tersangka “MA” dengan barang bukti yang berhasil disita 1 (satu) bungkus narkotika jenis Ganja (88,38 gram)

Barang berupa narkotika jenis Ganja tersebut didapat dari daerah Aceh yang di dikendalikan oleh Sdr. “R” (DPO) yang sampai saat ini masih dalam pengejaran Petugas.

Pengungkapan narkotika jenis Sabu berawal informasi dari masyarakat di daerah Ciledug Kota Tangerang ada seorang pelaku tindak pidana narkotika yang sering melakukan jual beli narkotika jenis Sabu, kemudian Petugas dari Unit 3 Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota melakukan penyelidikan dan berhasil mengetahui keberadaan tersangka “SB” selanjutnya Petugas melakukan pembuntutan tersangka “SB” dari daerah Ciledug Kota Tangerang ke Daerah Duren Sawit Jakarta Timur menuju ke rumah tersangka “IR”. Pada tanggal 17 Mei 2023 pukul 15.00 Wib petugas berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka “SB” dan “IM” di rumah didaerah Duren Sawit Jakarta Timur dengan berhasil disita barang bukti berupa narkotika jenis Sabu (204,08 gram). Dari hasil keterangan ke-2 (dua) tersangka tersebut bahwa barang bukti narkotika tersebut adalah milik tersangka “RA” yang dititpkan, kemudian Petugas melakukan pengembangan dan pada tanggal 17 Mei 2023 pukul 16.00 Wib di rumah daerah Duren Sawit Jakarta Timur berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka “RA” dan berhasil disita barang bukti berupa 4 (empat) bungkus narkotika jenis Sabu (66 gram) dan telah diakui miliknya yang akan diedarkan di daerah Jabodetabek. Selanjutnya ke-3 tersangka tersebut dibawa ke Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.Pengungkapan narkotika jenis Ganja dengan Modus Operandi barang dimasukan kedalam Mobil yang dimodifikasi .

Berawal informasi dari masyarakat akan ada pengiriman narkotika jenis Ganja dari daerah Aceh, kemudian Petugas dari Unit 1 Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota melakukan penyelidikan selama +1 Minggu, dari hasil penyelidikan bahwa akan ada pengiriman narkotika jenis Ganja melalui jalur darat dari daerah Aceh, kemudian Petugas melakukan penyanggongan di Dermaga Pelabuhan Merak Banten, Rest Area Kunciran Kota Tangerang dan Rest Area di Bekasi Jawa Barat, karena pelaku rencananya akan beristirahat di Rest Are tersebut.

Kemudian pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2023 pukul 00.10 Wib Petugas berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka “SH” dan “ZB” di depan Dermaga 6 Pelabuhan Merak Banten dengan barang bukti yang berhasil disita berupa 35 (tiga puluh lima) bungkus narkotika jenis Ganja (38.180 gram) yang disimpan didalam Body Mobil Suzuki APV warna putih, dari hasil pemeriksaan dan penyidikan bahwa barang tersebut didapat dari Aceh yang dikendalikan oleh tersangka. “JM” yang disinyalir berada di daerah Denpasar Bali Kemudian Petugas melakukan pengembangan dan pada tanggal 24 Mei 2023 pukul 22.00 Wib berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka “JM” di daerah Badung Propinsi Bali.

Dari hasil pemeriksaan terhadap ke- 3 (tiga) tersangka tersebut bahwa barang bukti berupa narkotika Jenis Ganja akan diedarkan di daerah Jabodetabek dan Propinsi Bali. Selanjutnya ke-3 tersangka tersebut dibawa ke Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) Subs. Pasal 111 ayat (2) dan Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahuan 2009 tentang Narkotika. Dipidana dengan pidana mati, seumur hidup atau paling singkat 6 Tahun dan Paling lama 20 Tahun / Seumur hidup / Pidana Mati.

(Ari)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!