Pemkot Malang Salurkan Bantuan Terdampak Gempa di Kabupatebn Malang

Malang, Pelitanusantara.com  – Sebagai bentuk kepedulian dan meringankan beban warga terdampak bencana gempa bumi di wilayah Kabupaten Malang beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Malang menyalurkan bantuan langsung ke Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Jumat (23/04/2021). Bantuan yang disalurkan, antara lain delapan ton semen, tiga setengah ton beras, 400 paket sembako, serta uang tunai sebesar Rp85 juta.

Seremonial penyerahan bantuan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Malang, Kepanjen oleh Wali Kota Malang Sutiaji kepada Bupati Malang H.M. Sanusi. Usai penyerahan bantuan secara simbolis, Wali Kota Sutiaji beserta rombongan didampingi Wakil Bupati Malang berangkat menuju Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang untuk menyalurkan bantuan secara langsung dan meninjau beberapa lokasi rumah yang terdampak.

Setibanya di lokasi, Sutiaji beserta rombongan meninjau salah satu rumah yang terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 tersebut. Gempa ini tercatat menimbulkan kerusakan rumah, fasilitas umum, serta korban luka di beberapa daerah.

Wali Kota Sutiaji mengungkapkan keprihatinannya atas musibah gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang. “Kami (Pemkot Malang) adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Pemerintah Kabupaten Malang. Kera Ngalam kan terkenal dengan Salam Satu Jiwa-nya. Ketika ada saudara kita ada yang lagi kesusahan, sebisa mungkin kita berikan selain doa tentu dengan bantuan yang saat ini disalurkan,” jelasnya.

“Tapi tetap nanti kita masih jalan (mengumpulkan bantuan), karena kita perlu mendukung terus teman-teman yang ada di Kabupaten Malang. Ini adalah bagian dari usaha dan upaya kami untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak,” tuturnya lagi.

Dalam penyaluran bantuan ini, Wali Kota Sutiaji juga mengajak pihak Forkopimda Kota Malang untuk meninjau lokasi yang terdampak. Tujuannya, jika dibutuhkan bantuan dari TNI dan Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, maka mereka sudah tahu seperti apa yang akan dilakukan sebagai bentuk sinergi Malang Raya.

“Desa Majang Tengah dipilih sebagai lokasi penyaluran bantuan, karena desa ini merupakan salah satu dari wilayah lainnya di Kabupaten Malang yang turut terdampak. Desa ini juga merupakan wilayah yang disarankan setelah dilakukan koordinasi dengan Pemkab Malang,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang Drs. Didik Agus Subroto yang mendampingi Wali Kota Malang berserta rombongan mengatakan kepada warga Desa Majang, bahwa Wali Kota Malang beserta Forkopimda Kota Malang datang untuk silahturahmi. “Kaping kalih (kedua) beliau memberikan bantuan yang setidaknya nanti bisa meringankan beban yang dialami oleh warga Desa Majang Tengah,” ucapnya.

Ditambahkannya, berbagai pihak saat ini sedang berikhtiar menginventarisasi agar bantuan dari pemerintah pusat segera turun dalam rangka pemulihan kembali atas dampak bencana yang ditimbulkan. “Insha Allah Pemkab Malang sudah berbuat secara maksimal agar kondisi panjenengan semua dapat segera pulih kembali,” terang Didik.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Malang, yakni Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Dandim 0833 Kota Malang Ferdian Primadhona Kapolresta Malang Kota Leonardus Simarmata, Plt. Sekda Kota Malang Hadi Santoso, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang Muhammad Nur Widianto, Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Alie Mulayanto, Ketua TPP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, Wakil Ketua I TP PKK Kota Malang Elly Estiningtyas Jarwoko, Baznas Kota Malang, serta perangkat daerah terkait (PN/Jatim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *