Pemkab Lumajang akan Fokus Tuntaskan Problematik Kawasan Kumuh di Area Perkotaan

Hdevananda
Whatsapp Image 2023 05 12 At 17 19 53
Spread the love

Kabupaten Lumajang – Pelitanusantara.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur memprioritaskan program penataan terhadap problematik pada kawasan kumuh yang ada di wilayah perkotaan, terutama di tepian Sungai Kali Asem.

“Ke depan, fokus kami menyelesaikan persoalan pada kawasan kumuh yang ada di perkotaan, terutama yang ada di tepian Sungai Kali Asem RW 08 Kelurahan Rogoturunan, dengan luasan sekitar 65,63 hektare,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat dimintai keterangan disela kegiatannya, Sabtu (13/5/2023).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa Jumat (12/5/2023) kemarin, dirinya memaparkan Upaya Peningkatan Kapasitas Pemkab Lumajang dalam Pembelajaran Horizontal DAK Tematik Pengentasan Permukiman Kumuh terpadu (PPKT)/DAK integrasi, yang diselenggarakan di Hotel Aston INN Gresik.

“Alasan memprioritaskan upaya ini, karena kami sadar bahwa kabupaten seperti kami ini adalah kabupaten yang berpotensi memiliki banyak permasalahan, seperti kami harus menyelesaikan infrastruktur di desa, dan menyelesaikan infrastruktur pengelolaan sampah yang ada di desa maupun kecamatan, dan itu sudah menjadi target yang telah ditetapkan dan harus kita selesaikan,” kata dia.

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa saat ini target Pemkab Lumajang adalah untuk menata kawasan perkotaan yang ada di tengah kota dengan waktu cepat dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Oleh karna itu, pihaknya akan melakukan percepatan akan memproritaskan penataan kota yang dulunya kumuh untuk menjadi yang lebih layak bagi masyarakat.

“Eksekusi yang nanti akan kami lakukan, yakni dengan mempermudah akses atau jalan yang layak buat membantu masyarakat sekitar yang ada di tengah tengah kota, yang dulunya akses mobil ambulan dan mobil pemadam kebakaran untuk masyarakat Kabupaten Lumajang yang kondisinya darurat,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!