Peduli Kelestarian Lingkungan, Rindam XII/Tpr Laksanakan Aksi Tanam Sejuta Pohon

Peduli Kelestarian Lingkungan, Rindam XII/Tpr Laksanakan Aksi Tanam Sejuta Pohon

Bengkayang, Jum’at (13/5/22) – Guna merealisasikan perintah Pangdam Xll/Tpr untuk Reboisasi dan Rehabilitasi lingkungan, Rindam XII/Tanjungpura melaksanakan aksi tanam sejuta pohon di daerah latihan Goa Boma, Kecamatan Monterado, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat pada hari Kamis (12/5) kemarin. Kegiatan penghijauan ini dipimpin langsung oleh Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Maychel Asmi, P.S.C., S.E., M.Han.

Aksi tanam pohon di lahan sekitar 400.000 Hektar dilakukan bersama dengan masyarakat, dengan mengangkat tema, “Penghijauan Penanaman Sejuta Pohon Rindam XII/Tpr, Hijau Lahanku Sehat Lingkunganku, Bersama Rakyat TNI AD Kuat”.

Pada kegiatan penghijauan ini juga dihadiri oleh Danbrigif 19/KH, para Pejabat Rindam XII/Tpr, Wakapolsek Singkawang Selatan, Camat Monterado, Kepala Desa Goa Boma, Ketua Adat Goa Boma, personel TNI-Polri dan masyarakat.

Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Maychel Asmi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab bersama akan pentingnya kelestarian dan kebersihan lingkungan demi kesehatan sehingga lingkungan terasa nyaman, bersih dan fasilitas di sekeliling dapat terpelihara dengan baik.

” Upaya penanaman ribuan bibit pohon ini selain bertujuan sebagai penyangga hutan dan menghijaukan lahan, harapannya hutan juga dapat berfungsi kembali dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan anak cucu kita di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Danrindam mengajak untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan kembali hutan dan lahan, hal ini demi masa depan. Menurutnya, hutan dengan pohonnya selain sebagai sumber oksigen, pohon juga menjadi penyejuk, penangkal banjir dan dapat mengurangi pemanasan global.

“Mari kita jaga dan lestarikan kembali hutan dan lahan demi masa depan karena hal ini adalah tanggung jawab kita bersama”, ajak Danrindam.

Sedangan apresiasi disampaikan oleh Ketua Adat Desa Goa Boma, Lorensius. Ia mengucapkan terima kasih atas aksi yang dilakukan oleh Rindam XII/Tpr. Dirinya berharap melalui kegiatan ini menggugah kesadaran bersama akan pentingnya kelestarian lingkungan sekitar.

“Terima kasih kepada Komandan Rindam XII/Tpr beserta jajaran yang telah menyelenggarakan kegiatan yang luar biasa ini,” ucapnya.

Untuk itu dirinya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Goa Boma dan sekitarnya agar ikut peduli dalam pelestarian tanaman pohon. Dampak dari penanaman pohon ini tentu akan sangat terasa bagi kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup kita dan anak cucu di masa depan.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pulau Kalimantan merupakan paru-paru dunia, kita jaga Kalimantan, kita jaga Indonesia, kita jaga bumi kita”, ujar Ketua Adat Goa Boma. (P)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x