Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Dibuka Wakil Gubernur

Gorontalo, Pelitanusantara – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) tahun 2021 tingkat Provinsi Gorontalo di Hotel Aston, Kota Gorontalo, dibuka Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Jumat (23/4/2021).

“Forum Musrenbangda ini sangat strategis sebagai wadah bagi para pemangku kepentingan untuk membahas sinergitas program dan kegiatan pembangunan, serta menyelaraskan rancangan kerja pembangunan provinsi dan kabupaten/kota,” kata Idris Rahim.

Idris Rahim mengutarakan tahun 2022 adalah tahun terakhir kepemimpinan Nyata Karya Rusli-Idris (NKRI) jilid dua yang juga merupakan tahun terakhir dari periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2022.

Oleh karena itu, kata Wagub, Pemprov Gorontalo telah menetapkan tema pembangunan tahun 2022 yaitu “Meneguhkan Pencapaian Masyarakat yang Maju, Unggul dan Sejahtera”.

Adapun target pembangunan daerah Provinsi Gorontalo tahun 2022 yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan di antaranya laju pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan berada pada kisaran 6,3% hingga 7%.

Indeks Pembangunan Manusia sebesar 69,62%, serta tingkat kemiskinan dapat diturunkan hingga mencapai kisaran 14,91% sampai 14,33%.

Selain itu tingkat pengangguran terbuka juga ditargetkan turun pada kisaran 4,11% hingga 3,91%, serta rasio ketimpangan dapat ditekan hingga mencapai kisaran 0,412 sampai 0,391 poin.

Lebih lanjut Idris menambahkan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah pusat agar akselerasi proyek-proyek strategis di Gorontalo dapat berjalan lancar.

Proyek strategis tersebut yaitu lanjutan pembangunan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) segmen satu, lanjutan revitalisasi Danau Limboto, pengembangan Bandara Djalaludin, pembangunan Bandara Pohuwato.

Pembangunan waduk Bolango Ulu, pembangunan SPAM regional, revitalisasi TPA Talumelito, pembangunan sarana insinerator limbah B3, serta pengembangan geopark Gorontalo.

Atas nama seluruh masyarakat Gorontalo saya menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat terhadap pembangunan di Gorontalo.

“Alokasi pendanaan pusat sangat kami butuhkan untuk kemajuan pembangunan Gorontalo,” kata Idris. (PN/Gorontalo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *