Mulai Hari ini 15 Pebruari 2021, Stasiun Cirebon Mulai Layani Tes GeNose

Cirebon – Pelitanusantara.com | Stasiun Kereta Api Cirebon, Jawa Barat, sudah melayani pemeriksaan GeNose dengan tarif Rp20 ribu, bagi para pengguna jasa, mulai hari ini, Senin, 15 Februari 2021.

“Terhitung mulai 15 Februari, kami hadirkan layanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Cirebon,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto di Cirebon, Sabtu (13/2), seperti dilansir Antara.

Menurut dia, hadirnya layanan GeNose di Stasiun Cirebon bisa memberikan pilihan bagi para pengguna jasa kereta jarak jauh, karena selama pandemi COVID-19 disyaratkan adanya surat bebas Virus Corona. Saat ini, kata Suprapto, KAI Daop 3 Cirebon hanya menyediakan tes cepat Antigen dengan harga Rp105 ribu dan sebelumnya yaitu tes cepat antibodi.

Menurut dia, tes GeNose di Stasiun Cirebon ini sangat murah yaitu Rp20 ribu untuk sekali tes, namun mereka harus memiliki tiket kereta api terlebih dahulu. “Biaya sekali tes itu Rp20 ribu dan kami baru menyediakan di Stasiun Cirebon, lainnya akan secara bertahap,” tuturnya.

Dia menambahkan pada tanggal 9 Februari 2021, pelanggan yang hendak menggunakan kereta api jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau tes cepat Antigen, atau tes usap PCR. Untuk sampelnya, kata Suprapto, diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan, namun khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum jam keberangkatan. “Namun bagi anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan untuk memiliki surat bebas COVID-19,” katanya.

Langkah Deteksi COVID-19 dengan GeNose KAI mengungkapkan, 30 menit sebelum melakukan deteksi COVID-19 dengan GeNose C19, Anda tidak diperkenankan makan, minum (kecuali air putih),dan merokok.

Berikut ini langkah selanjutnya.

  1. Tunjukkan kode booking perjalanan, lalu bayar biayanya.
  2. Petugas akan memberikan kantong nafas yang terdapat label nama Anda.
  3. Buka katup T-Valve pada kantong nafas sebelum memasukkan nafas Anda ke dalamnya.
  4. Cara memasukkannya, hirup nafas melalui hidung lalu hembuskan dengan mulut ke kantong sebanyak tiga kali. Kantong saat hembusan terakhir harus terisi penuh.
  5. Tutup kantong T-Valve.
  6. Serahkan ke petugas dan Anda hanya perlu menunggu untuk mengetahui hasilnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *