Dialog Internal Umat Kristen Se Jabar : ” Melalui Dialog Kita Tingkatan Kerukunan Intern Umat Kristen Di Jawa Barat Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”

Kota Bandung,Pelitanusantara.com | Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Barat melalui pembimas Kristen Protestan,pada hari kamis,5 November 2020 melaksanakan Kegiatan Dialog Intern Umat Kristen Se Jawa Barat yang bertempat di Hotel Parahyangan Bandung Jawa Barat.

Dialog yang mengambil tema ” Melalui Dialog Kita Tingkatan Kerukunan Intern Umat Kristen Di Jawa Barat Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.”¬† di ikuti oleh lembaga – Lembaga Keumatan dan Aras Gereja serta Ormas Kristen yang berada Sejawa Barat.

Salah satu narasumber Bapak Haidar Yamin Mustafa¬† Kasubag Hukum dan Kerukunan¬† Umat Beragama Kanwil Kemenag Propinsi Jawa barat.,yang dalam pemaparan dengan mengusung tema ” Mengolah Kemajemukan Dalam Bingkai Moderasi Beragama “ mengatakan ” Salah satu Penyebab konflik hari – hari ini adalah adanya Disrupsi adalah Perubahan berbagai sektor akibat digitalisasi.”

” Menurutnya lagi ada macam-macam Disrupsi diantara lain : Disrupsi Teknologi, disrupsi ekonomi, Disrupsi Pendidikan,Disrupsi Agama ” Imbuhnya lagi

Sedangkan Disrupsi agama ada beberapa faktor  seperti : 

  1. Faktor Endogen yaitu Pemahaman agama yang sempit dan mengarah pada fanatisme Agama, liberalisasi dan radikalisasi agama, terminologi mayoritas dan minoritas, serta fenomena agama dan aliran sempalan. 
  2. Faktor Eksogen adalah Isue Global ketimpangan ekonomi dan ketidakadilan sosial politik, perlakukan diskriminatif kepada kelompok agama tertentu    

Menurut Ketua PGLII Jawa Barat Pdt Benyamin Lumondo, STh. yang juga hadir di acara tersebut ketika diwawancara oleh Awak Pelitanusantara.com ” Saya sangat mengapresiasi sekali acara¬† hari ini yang di fasilitasi oleh Pembimas Kristen Kemenag Propinsi Jawa Barat,memang dialog ini harus selalu dikembangkan bukan saja secara intern kristen tapi juga dengan umat yang beragama lain, agar kebersamaan sesama umat dan anak bangsa bisa terjalin dengan baik, apalagi tujuan dari dialog ini untuk merekatkan sesama umat kristen dan memahami segala informasi untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan kita sebagai warga masyarakat dengan tetap mengedepankan kearifan budaya lokal Jawa Barat” Pungkasnya.

Acara yang digelar Oleh Pembimas Kristen Kemenag Propinsi Jawa Barat merupakan Program Kerja Pembimas dan juga sebagai salah Satu Visi Kementerian Agama “ Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama baik secara internal maupun eksternal”¬† sedangkan Visi dan misi Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Barat “Masyarakat yang Moderat, Saleh,Cerdas dan Unggul.”(PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *