Kontes Kambing Ras Kaligesing Dan Domba Regional Sumatwra, Jawa, Bali , Piala Bupati Sleman.

yupiterjogja
Img 20230507 122611
Spread the love

SLEMAN-PN NEWS, dalam rangka peringatan ulang tahun Kabupaten Sleman ke-107 tahun 2023, Dinas pertanian dan peternakan bersama komunitas peternakan kambing ras kaligesing nasional ( Perkanas) dan Himpunan pwternak Domba-Kambing Indonesia ( HPDKI) menggelar Kontes kambing ras kaligesing dan Domba, regional Sumatera, Jawa, Bali memperebutkan Piala Bupati Sleman, bertempat di Mini Zoo Jogja Exatorium Mlati -Sleman, Minggu (7/5/2023).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Sleman, Kepala Dinas Pariwisata , Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab.Sleman, Panewu Mlati, Kapolsek Mlati dan Danramil Mlati, serta para peserta lomba dari berbagai daerah dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sleman dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik kegiatan ini, yang merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun ke -107 Kabupaten Sleman.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang baik untuk mencari dan mendapatkan kualitas kambing -domba dengan kualitas yang bagus, sekaligus memacu para peternak dalam memelihara kambing maupun domba.tuturnya.

Bupati Sleman Berharap kegiatan ini dapat berlanjut ditahun-tahun mendatang, dalam rangka mendukung dan meningkatkan pariwisata di Sleman, karena pariwisata bisa hidup, karena kerjasama semua stakeholder yang ada dengan para pelaku usaha dan peternakan.

Sementara itu, Direktur Mini Zoo jogja Exotarium ,Drh.Akbar Taruna, kepada wartawan menerangkan, bahwa kegiatan kontes kambing ras kaligesing dan domba, memperebutkan Piala Bupati Sleman dan uang pembinaan puluhan juta rupiah. Lomba ini dilaksanakan dalam 10 kategori /kelas lomba, kegitan ini kerjasama dengan , Panitia Hut ke-107 Kabupaten Sleman, himpunan peternak domba kambing Indonesia (HPDKI), peternakan kambing kaligesing nasional (Perkanas) dan Mini Zoo Jogja Exatorium.

Jumlah peserta sampai saat ini 450 kambing , Domba , yang turut dalam kontes dan masih akan bertambah lagi, karena kegiatan ini dimulai dari pukul.08.00 sampai 23.00 wib, sehingga para peserta bisa mengikuti lomba sampai selesai. Kelas yang dilombakan dari peternakan kambing Etawa Ras Kaligesing yaitu kategori :
Kelas A jantan & betina ,gigi poel atas 3 pasang., Kelas B jantan & betina ,gigi poel max 3 pasang., Kelas C jantan & betina gigi belum poel., Kelas D jantan&betina ,tinggi max 80/70., Kelas E jantan-betina, tinggi max 65/60., Sedangkan untuk Domba regional Jogjakarta, bobot, besar, kebersihan, sudah poel., Belum poel, parameter, bobot, besar-kecil.

Tujuannya adalah untuk mengangkat potensi peternakan kambing, domba, meningkatkan populasi peternakan kambing PE, domba dan juga produksi susu meningkat, serta harga menjadi stabil, terutama kambing yang memenangkan kontes harganya cukup tinggi.

Tim juri kontes ini dari Jogja dan kantor pusat, Jawa Tengah-Jawa Timur, terdiri dari para ahli Peternakan, Dokter hewan, Akademisi dan Praktisi bidang Peternakan. Fasilitas yang diperoleh yaitu Tropy, Uang pembinan dan Sertifikat.

Selain itu, dengan adanya event seperti ini, berdampak signifikan pada kunjungan wisatawan ke mini zoo jogja exatorium. pungkas Akbar Taruna.(Ome)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!