Ketua DPRD Halbar Minta Dinkes Lakukan Sosialisasi Sebelum Penyuntikan Vaksin Kepada Masyarakat

Tidore, Pelitanusantara.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), diminta segera melakukan sosialisasi penggunaan Vaksin Sinovac, sebelum dilakukan penyuntikan kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Halbar Charles Richard, di ruang kerjanya, Rabu (10/2/2021).

Menurut Ketua DPRD Halbar, Charles Richard, sosialisasi penggunaan Vaksin Sinovac kepada masyarakat sangat penting dilakukan, karena saat ini sebagian besar masyarakat belum mengetahui apa manfaat dari Vaksin Sinovac dalam mencegah penyebaran Corona Virus (Covid-19).

“Tenaga kesehatan yang bertugas di 14 Puskesmas itu harus memberikan sosialisasi di setiap desa melalui camat dan kepala desa terkait pencanangan vaksinase Covid – 19,” ungkap Charles.

Charles juga menegaskan kepada Dinas Kesehatan dan tim vaksinator sebelum melakukan penyuntikan vaksin kepada masyarakat harus menerapkan prosudur pemeriksaan kesehatan seperti scrining.

Karena masyarakat juga harus diperlakukan hak yang sama seperti pejabat publik. “Masyakat juga harus mengikuti screning, biar bisa diketahui, apakah bisa disuntik vaksin atau tidak, jangan sampai tidak dilakukan screning kemudian langsung disuntik dan terjadi hal hal yang tidak dinginkan siapa yang bertanggunjawab,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan Halbar ini menambahkan, pemeriksaan terhadap masyarakat juga harus lengkap, seperti alat pengecekan penyakit Gula, Dara Tinggi, Asam Urat, Kolesterol dan penyakit bawaan lainnya,

“Prinsipnya sosialisasi dan screning harus dilakukan sebelum penyuntikan vaksin kepada masyarakat,” tutur Charles.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *