Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Direktur INL Enforcement

Kefaspelita
Img 20230622 Wa0017
Spread the love

Jakarta,Pelitanusantara.com – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyambut kedatangan Internasional Narcotisc And Law (INL) Enforcement yang dihadiri oleh Direktur INL untuk Asia dan Eropa James Applegate, Direktur INL untuk Indonesia Ken Zurcher beserta jajaran di Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (21/06/2023).

Pertemuan tersebut guna membahas perkembangan kerja sama antara Bakamla RI dengan INL. Hingga saat ini, kedua instansi masih membahas Letter Of Arrangement (LoA) on Maritime Law Enforcement Cooperative untuk memfasilitasi kerja sama dibidang Maritime Security Law Enforcement. LoA tersebut masih belum disepakati oleh klausul terkait perpajakan dan Humas Right yang tidak sesuai dengan peraturan dan ketentuan berlaku di Indonesia. Sehubung dengan itu, maka Bakamla RI dan INL menyusun Letter of Grant on Maritime Law Enforcement Cooperative sebagai perjanjian kerja sama kedua belah pihak.

Tak hanya itu, kedua belah pihak juga bekerja sama dalam pembangunan Bakamla Training Center di Batam. Rencananya proyek akan diserahkan terimakan pada bulan Juli 2023. Proyek ini mencakup pembangunan tempat pelatihan, barak, simulator, dan fasilitas bangunan lainnya. Saat ini, proses pembangunan training Center sudah 90% dan memasuki fase 2 yaitu penyelesaian pembangunan dan fase 3 yaitu Furniture, Fixture, dan Equipment (FFE).

Kemudian, Pemerintah AS melalui INL akan menghibahkan Drone. Spesifikasi teknis dan detail kebutuhan masih dalam proses pembahasan karena mempertimbakan kebijakan dan ketentuan Pemerintah RI yang berlaku.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Puskodal Bakamla RI untuk melihat pemantauan situasi keamanan dan keselamatan laut Indonesia secara realtime.

Sumber : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S. Pd

Editor #RomoKefas

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!