Ini Pesan Fadli Zon Saat Giat Penanaman Pohon Bambu Dalam Rangkaian Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Emas HKTI

Img 20230601 Wa0072
Spread the love

Kabupaten Bogor – Pelitanusantara.com 

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) kembali menggelar rangkaian acara dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-50. Ketua Umum DPN HKTI Dr. H Fadli Zon S.S, M.Sc memimpin langsung kegiatan penanaman pohon bambu di Ponpes Riyadhul Muhibbin pimpinan Ustadz Syahlan Albanjari Desa Kedung Waringin Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor, Kamis (1/06/2023).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Suroyo, kegiatan penanaman pohon bambu ini merupakan rangkaian acara memperingati hari ulang tahun ke-50 atau Ulang Tahun Emas HKTI.

“Kegiatan ini menjadi sebuah langkah konkret HKTI dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memperkuat solidaritas diantara anggota HKTI juga masyarakat sekitar. Diharapkan kegiatan ini akan memicu semangat untuk lebih peduli terhadap lingkungan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari. HKTI sebagai organisasi pertanian terkemuka di Indonesia akan terus berkomitmen dalam mengembangkan pertanian berkelanjutan dan mendukung kesejahteraan petani di seluruh tanah air,” ujarnya.

Perayaan ulang tahun emas HKTI juga menjadi momen yang penting dalam upaya untuk memberikan kontribusi positif terhadap kelestarian lingkungan.

“Pohon bambu dipilih karena memiliki banyak manfaat, seperti untuk penahan erosi tanah, karena itu kita juga menanam pohon bambu ini di tepi sungai Ciliwung Desa Kedung Waringin sebagai upaya mencegah erosi dan banjir, pohon bambu juga sebagai penghasil oksigen, dari sebuah penelitian ternyata sebatang pohon bambu mampu memenuhi kebutuhan oksigen bagi dua orang, pohon bambu juga menjadi tempat sumber mata air serta sebagai sumber bahan baku yang ramah lingkungan, masyarakat Indonesia sejak dahulu sudah akrab dengan pohon bambu dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari – hari,” ujar Fadli Zon yang juga merupakan Anggota DPR RI ini kepada wartawan.

Ketua Umum DPN HKTI Fadli Zon juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta yang telah aktif berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon bambu ini, juga mengungkapkan harapannya agar pohon-pohon bambu yang ditanam dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

Fadli Zon menambahkan, di momen peringatan Hari Ulang Tahun Emas ini, HKTI berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani serta menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional.

“HKTI akan terus menunjukkan komitmennya dan tidak berhenti untuk menyuarakan aspirasi petani Indonesia. Kami juga prihatin karena saat ini, minat masyarakat khususnya generasi muda untuk menjadi petani semakin minim, usia petani sekarang rata – rata sudah mencapai 54 tahun, kita harus dorong regenerasi, anak – anak muda harus diberikan edukasi, pemahaman dan akses untuk bisa masuk ke sektor pertanian. Penduduk kita sekarang sudah hampir 280 juta jiwa, kebutuhan pangan tentunya terus meningkat, bagaimana bisa mencukupi kebutuhan tersebut kalau tidak diimbangi oleh jumlah petani, walaupun sudah ada berbagai inovasi teknologi pertanian, kita tetap membutuhkan SDM yang cukup di sektor pertanian,” papar Fadli Zon.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan petani, Fadli menyampaikan perlunya mendorong petani untuk menciptakan nilai tambah, ke depannya petani tidak hanya mengerjakan pertanian secara on farm saja, tapi petani juga harus mampu mengembangkan dirinya menjadi seorang entrepreneur dalam bidang agribisnis.

“Pembangunan ekonomi kita harus lebih memperhatikan sumber daya petani agar bisa bertranformasi menjadi entrepreneur, tentunya dengan dukungan dari pemerintah seperti dalam hal penyediaan sarana dan prasarana pertanian dan regulasi yang berpihak kepada para petani,” tandas Fadli Zon yang juga Ketua BKSAP DPR RI ini.(Yd)

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!