H.Habib Umar Al- Idrus.SM : UMKM Sebagai Basis Ekonomi Utama Yang Berkelanjutan

Img 20231031 Wa0086
Spread the love

Kabupaten Tanah Bumbu,Pelitanusantara.com – H.Habib Umar Al- Idrus.S.M, dalam paparannya mengatakan” Pada era globalisasi saat ini, pertumbuhan ekonomi telah menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan Pemerintah dalam menjalankan program pembangunan,oleh karnanya di Kepemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu akan terus berupaya mendukung program dengan konsep ekonomi kerakyatan, yang menjadikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai basis utama dalam mewujudkan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan ” Ujarnya Selasa 31 Oktober 23.

Dikatakannya dalam upaya memulihkan perekonomian Indonesia, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu, H.Habib Umar Al- Idrus, sebagai anggota Dewan DPRD berharap agar Pemerintah senantiasa memberikan dukungan penuh kepada pelaku UMKM, yang mana menurutnya UMKM menjadi pilar terpenting dalam penggerak roda perekonomian Indonesia.

“UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian nasional, juga sebagai bagian dari ekonomi kerakyatan, yang mana UMKM berkontribusi besar dalam menciptakan lapangan kerja, karena eratnya daya saing, tentunya mendukung distribusi pendapatan yang lebih merata di masyarakat ” Ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Habib Umar Al-Idrus.S.M, lebih rincinya menjelaskan bahwasanya UMKM memberikan peluang kerja bagi penduduk lokal, mengurangi pengangguran, mengurangi ketimpangan ekonomi, dan memberikan akses ekonomi kepada kelompok-kelompok marginal dan UMKM itu sendiri juga berkontribusi pada pendapatan nasional dan menciptakan lingkaran ekonomi yang berkelanjutan.

“Dengan didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas, UMKM dapat berkembang dan bertahan dari persaingan dengan yang bergerak pada bidang yang sejenis, dan tentunya jika pelaku UMKM tersebut tidak memiliki komitmen yang baik terhadap perusahaannya maka perusahaan tidak akan dapat berkembang ” Ucapnya.

Kendati demikian sambung H.Habib Umar Al- Idrus.SM, menyampaikan dalam memajukan serta mengembangkan di sektor UMKM, tentunya agar dapat menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja, selain itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja yang terlibat di dalamnya sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan pada akhirnya akan dapat mengentaskan kemiskinan.

Oleh sebab itu demi tercapainya hal tersebut H.Habib Umar Al- Idrus, berpendapat, diera transformasi dan penguatan ekosistem digital menjadi hal yang krusial dan perlu diterapkan secara luas di seluruh tanah air, karena digitalisasi UMKM memungkinkan pelaku usaha memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas bahkan bisa sampai ke pelosok negeri.

Sebab akselerasi digitalisasi dari kota hingga desa menjadi kunci utama dalam upaya percepatan pemulihan dan peningkatan daya saing ekonomi nasional, terutama dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja UMKM.

Ditambah dengan memanfaatkan teknologi digital secara optimal, UMKM dapat memperoleh sejumlah manfaat yang luar biasa, di antaranya UMKM akan mampu memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan dengan lebih efektif.

Menurutnya teknologi digital juga memudahkan pemantauan aktivitas usaha dalam membuat laporan keuangan yang terstruktur, serta menurunkan biaya, terutama dalam hal pemasaran, logistik, dan pengiriman” Tutupnya. ( Red )

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!