Dukung Program Pemerintah, RSU Annisa Bogor Gelar Sosialisasi SHK dan Cegah Stunting

IMG-20231017-WA0111
Spread the love

Bogor,Pelitanusantara.com .. Untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya SHK dan pencegahan stunting, RSU Annisa Bogor bekerjasama dengan Kelurahan Ciriung menggelar sosialisasi SHK dan Pencegahan Stunting di posyandu mekar jaya 2 Rt 02 Rw 13 Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten, Bogor pada selasa, (17/10/2023).

Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) adalah skrining/uji saring yang dilakukan pada bayi baru lahir untuk memilah bayi yang menderita Hipotiroid Kongenital (HK) dan bayi yang bukan penderita. Pada pelaksanaannya, Skrining Hipotiroid Kongenital dilakukan dengan pengambilan sampel darah pada tumit bayi yang berusia minimal 48 sampai 72 jam dan maksimal 2 minggu oleh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan pemberi layanan Kesehatan Ibu dan Anak (baik FKTP maupun FKRTL), sebagai bagian dari pelayanan neonatal esensial.

Manager Marketing dan Humas RSU Annisa Bogor, Heri Irawan, S.E menyampaikan “sosialisasi ini adalah salah satu bentuk program kerja Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Annisa Bogor untuk dapat mencerdaskan masyarakat dalam bidang kesehatan, khususnya sebagai upaya preventif agar masyarakat memahami pentingnya SHK sehingga bayi yang telah di lakukan SHK dan hasilnya positif dapat segera diobati sebelum usianya 1 bulan agar terhindar dari kecacatan, gangguan tumbuh kembang, keterbelakangan mental dan kognitif.” Kata Heri.

“Alhamdulillah telah dilakukan sosialisasi, untuk SHK tadi pematerinya Bidan Sri Nurchilatun Tim SHK RS Annisa dan Pencegahan Stunting oleh ahli Gizi kami Ibu lintang Pamela, kami juga ucapkan terimakasih kepada lurah ciriung, rt 01 s/d 09 rw 13 dan kader-kader posyandu yang telah sinergi dan memberikan kesempatan pada kami untuk sosialisasi kepada warganya ” tambah Heri usai kegiatan sosialisasi.

Ditempat yang sama Lurah Ciriung Heru Irawan, S.Sos. MA menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh RSU Annisa Bogor tentang SHK dan Pencegahan Stunting pada warganya. “Terhadap kegiatan sosialisasi stunting dan shk oleh pihak rsu annisa, saya sangat apresiasi atas kesediannya pihak rumah sakit mau membantu sosialisasi warga kami terhadap pentingnya menurunkan angka stunting dan shk di wilayah kami”. Terangnya.

Heru juga berharap, “harapan kami semoga kegiatan ini tetap berlangsung di seluruh wilayah kelurahan ciriung dan semoga rsu annisa semakin maju, semakin sukses, semakin berkembang dan juga pelayanan nya semakin memuaskan adapun jumlah penduduk dikelurahan ciriung ini sekitar 32.000 jiwa dan mudah mudahan bisa mengakses terhadap layanan di rsu annisa bogor”. Harapannya.

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!