Dirbinmas Polda Banten Pimpin Apel Bhabinkamtibmas

Img 20230525 Wa0257
Spread the love

Serang – PN News || Polda Banten gelar apel Bhabinkamtibmas jajaran Polda Banten tahun 2023 dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang pemilu 2024 di daerah hukum Polda Banten pada Kamis (25/05).

Kegiatan dipimpin Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Widiatmoko didampingi Kasat Binmas Polres jajaran serta Bhabinkamtibmas.

Saat ditemui Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Widiatmoko mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna menyamakan persepsi dalam menghadapi pemilu. “Apel Bhabinkamtibmas ini dilaksanakan untuk menyamankan persepsi dalam langkah mengikuti kegiatan yang nantinya menghadapi pemilu 2024 dan pelaksanaan program Kapolri yaitu menspesialisasikan mengenai polisi RW,” ucapnya.

“Langkah kita setelah menggunakan aplikasi dan memberikan pembekalan kepada Bhabinkamtibmas, fungsi teknis Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan kegiatan di masyarakat,” tambah Widiatmoko.

Widiatmoko menjelaskan tugas dari polisi RW. “Tugas dari polisi RW adalah memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat Initial Contact untuk membangun Good Impression, mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan RW, melakukan Scanning terhadap kerawanan wilayahnya masing-masing, mencatatkan de dalam aplikasi berbasis web Ada Polisi,” terang Widiatmoko.

“Konsep Polisi RW yaitu memungkinkan terjadinya interaksi untuk memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembangkan sikap yang positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami akan layanan yang dibutuhkan, menyadarkan komunitas pada posisinya yang sedang dilayani oleh polisi, membuka peluang untuk bekerja dan bersama komunitas berusaha untuk mengendalikan masalah yang terdapat di dalam komunitas, menerapkan prinsip Community Policing, Restorative Justice dan Akuntabilitas,” tambah Widiatmoko.

Widiatmoko menuturkan jumlah peserta apel kurang lebih 200 personel Bhabinkamtibmas. “Jumlah pesert Apel hari ini dari 680 Bhabinkamtibmas yang melaksanakan kegiatan, yang hadir kurang lebih 200 Bhabinkamtibmas,” terang Widiatmoko.

Terakhir Widiatmoko berharap kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar melaksanakan kegiatan sesuai petunjuk. “Harapan kegiatan hari ini, kami dari Ditbinmas Polda Banten memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas agar melaksanakan kegiatan sesuai petunjuk Kapolri untuk memberikan pembekalan dalam melaksanakan kegiatan menghadapi pemilu dan polisi RW,” tutup Widiatmoko (Bidhumas).

Tinggalkan Balasan

error: Coba Copy Paste ni Ye!!