Ciptakan Legislator Mahasiswa, Unindra PGRI Jakarta Gelar Training Legislatif

Jakarta – Pelitanusantara.com Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI (DPM Unindra) Jakarta menyelenggarakan Training Legislative pada tanggal 9-11 April 2021 bertajuk “Menciptakan Legislator Mahasiswa yang Profesional, Aspiratif dan Demokratis”.

Kegiatan yang di gelar secara hybrid (online dan offline) ini dibuka secara daring oleh Wakil Ketua DPR RI Dr. H. Aziz Syamsudin dan Wakil Rektor I Bidang Administrasi Akademik Irwan Agus S.E., MMSI pada 9 April 2021.

Sebanyak 37 Peserta hadir untuk mengikuti Training selama dua hari secara offline pada 10 & 11 April 2021 bertempat di Gardena Hotel, Megamendung, Bogor.

Ketua Pelaksana Nasrul Matdoan, menyampaikan bahwa Traning of Legislative ini bertujuan untuk melatih mahasiswa mengetahui fungsi dan peran badan legislatif di Indonesia.

“Kegiatan Training of Legislative ini sangat penting bagi mahasiswa untuk belajar bagaimana peran legislatif dalam pemerintahan karena negara kita adalah negara hukum” pungkas Nasrul. (12/04/2021)

Peserta juga diberikan beberapa materi, lanjut Nasrul, cara pembuatan produk hukum dan uji kelayakan produk hukum karena pada dasarnya merancang sebuah undang-undang berdasarkan naskah akademik.

Farah Paramitha Abigail
Ketua DPM Universitas Indraprasta PGRI Periode 2019-2021 memaparkan peran pemuda khususnya mahasiswa sangat penting di bangsa ini sebagai agen of change, control sosial, dan iron stoke dalam pemerintahan khususnya parlemen.

“Kami penyelenggara sangat berharap peserta yang sudah mengikuti kegiatan Training Legislative terus menimba ilmu pengetahuan serta mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya sebagai bekal diri nantinya di dunia nyata dalam menghadapi tantangan zaman khususnya di parlemen” ungkap Farah.

Training Legislative ini memberikan materi dari narasumber yang berpengalaman dan ahli dibidangnya yaitu Anggota DPR RI 2004-2009 H. Anhar Nasution S.H., M.H (Sejarah Legislatif Indonesia), Tenaga Ahli Pimpinan MPR RI Indra S.H., M.H. (Uji Kelayakan Produk Hukum), dan Ahli Hukum Tata Negara Suhanto S.H. (Hukum Tata Negara).

Sesi selanjutnya juga menghadirkan pembicara Koordinator Bidang Sospol Komisi HAAK KAJ Stefanus Asat Gusma (Advokasi Aspirasi Masyarakat), Koor. Divisi Politik Indonesia Corruption Watch Ibrahim Z Fahmi Badoh (Trias Politika), serta Direktur Hukum Ketatanegaraan Bakornas LKBHMI PB HMI M. Nur Latuconsian (Legal Drafting).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *