Opini Mahalnya Tarif Parkir Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta inilah Komentar Bambang Prieyatno Gunawan.

  • Bagikan

Jakarta – Pelitanusantara.com Menyimak akan mahalnya tarif Parkir Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta yang sudah beredar luas melalui pemberitaan ” tentunya menjadi perhatian publik” Ujar Bambang Prieyatno Gunawan .

Oleh karena itu “rencana Tarif parkir 60 ribu per jam telah di wacanakan oleh Dinas Perhubungan DKI jakarta pada Jumat 18 juni 2021 dan rencana Tarif parkir Rp 60 ribu per jam mengacu pada Pergub Nomor 31 Tahun 2017 tentang Tarif Layanan Parkir, Denda Pelanggaran Transaksi, dan Biaya penderekan dan pemindahan kendaraan bermotor.

Untuk itu ” Pemerintah Provinsi DKI JAKARTA telah merevisi Pergub Nomor 120 Tahun 2012 tentang “Biaya Parkir dan menyikapi pengenaan tarif parkir baru yang di gaungkan oleh Pemprov DKI , .

Dan dalam hal ini ” Bambang Priyatno Gunawan yang Sebagai Pemerhati kebijakan pemerintah maupun melihat dari kacamata Hukum yg berlaku untuk publik/ masyarakat luas menyatakan bahwa” kebijakan dari pemerintah terlihat berpihak kepada pengelola parkir di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta Barat dan
Menurutnya pengelola sudah menerapkan tarif parkir terbaru dengan tarif yang sangat mahal, hal ini banyak menimbulkan keresahan masyarakat sebagai pengguna jasa parkir khususnya masyarakat yang akan berobat dan keluarga pasien yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit harapan kita Jakarta – Barat .

dimana dalam sehari lebih dari 2 kali kendaraan keluarga pasien baik roda dua dan roda empat bolak balik dan dengan terpaksa membayar biaya jasa parkir yang sangat mahal, masyarakat pengguna jasa parkir di rumah sakit tersebut tidak berdaya, mau tidak mau mengikuti kebijakan tarif yang ditetapkan oleh pengelola parkir.

Namun apabila kenaikan tarif parkir ini tidak diiringi dengan peningkatan pelayanan dan fasilitas yang ada”Misalnya, petugas parkir yang lebih profesional,serta ada tanggung jawab seperti kompensasi dari pemerintah , maka jika terjadi kerugian atau kehilangan dan tentunya harus ada jaminan pengganti dari pihak pengelola maupun asuransi kehilangan yg bekerja sama dengan PT pengelola parkir rumah sakit harapan kita” ujar nya .

Sehingga ada rasa keamanan dan kenyamanan yang tercipta oleh para konsumen ketika menitipkan sepeda motornya pada pengelola parkir dan juru parkir agar masyarakat tidak takut lagi ketika kendaraannya rusak atau hilang, karena sudah ada jaminan asuransi yang diberikan pengelola parkir .

Menurut Bambang ” Apabila harga tarif parkirannya naikpun saya pribadi tidak akan jadi masalah.”Karena konsumen pun merasa termanjakan dan lebih nyaman bilamana akan adanya jaminan asuransi dan itu terkesan lebih melindungi konsumen.

Lebih lanjut ” Bambang Priyatno Gunawan menyatakan “Amanah yang tertuang di dalam UU R.I Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen BAB 1 KETENTUAN UMUM Pasal 1 ayat ( 1 ) dimana perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.

Pada dasarnya memang kenaikan tarif parkir tersebut wajar-wajar saja, namun harus jelas dahulu peruntukannya dan menurutnya kepada siapa retribusi parkiran itu diberikan, ?
Apakah untuk kelancaran dan ketertiban lalu lintas, atau untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau retribusi parkir ini untuk memberikan atau menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada masyarakat pengguna parkir “Karena sampai saat ini sama-sama kita ketahui bahwa masih banyak dugaan penyelewengan yang terjadi dalam sistem birokrasi pengalokasian dan retribusi jasa parkir ini.

Dan diduga kuat uang yang telah dibayarkan masyarakat itupun tidak disalurkan kepemerintah provinsi DKI Jakarta yang dalam hal ini kewenangannya berada dalam tanggung jawab Gubernur DKI Jakarta
hal ini dinyatakan dalam PERDA DKI JAKARTA nomor 5 tahun 1999 tentang perpakiran yg termuat dalam pasal 2 Ayat (1) ayat (2).

Dan besar kemungkinan uang panas itu disinyalir malah dinikmati untuk kepentingan pribadi dan atau oleh perusahaan pengelola parkir tersebut.

Dengan demikian untuk kedepannya Saya pribadi dan juga masyarakat mengharapkan pihak yang terkait dengan mahalnya tarif parkir di rumah sakit harapan kita segera melakukan tinjauan langsung ke lapangan dan menindak pengelola parkir Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta Barat,.

Karena tak perlu dipungkiri bahwa sampai saat ini pun masyarakat dengan terpaksa membayar tarif parkir yang sangat mahal seharusnya kenaikan tarif parkiran ini merupakan sesuatu yang baru, sehingga perlulah untuk diumumkan dan sosialisasikan besaran tarif parkir di lokasi-lokasi parkir di kawasan DKI Jakarta , karena masyarakat pengguna parkir tidak mau merasa dirugikan kembali akibat sistem pengelolaan manajemen khususnya tarif parkir yang tidak baik ” Terangnya

Oleh karnanya “Retribusi parkir ini sangat penting demi mendongkrak PAD, jangan biarkan pengelola parkir di rumah sakit harapan kita Jakarta Barat menerapkan tarif parkir dengan semena mena “Untuk itu lindungi masyarakat pengguna jasa parkir di rumah sakit harapan kita jakarta barat dar dugaan mak up atau dugaan adanya pungli yang di bebankan kepada masyarakat pengguna parkir yang merasa dilegalkan oleh Pemkot DKI atas nama parkir.

Untuk itu saya sebagai Pemerhati kebijakan Publik berharap “Alangkah arifnya jika kemudian hari pihak pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menindak tegas dengan memberikan sanksi yg berat kepada pengelola parkir di rumah sakit harapan kita yang mengenakan tarif parkir sangat mahal ” tutupnya .( Team )

  • Bagikan